Peringati Hari Sumpah Pemuda, Sebuah Gelar Untaian Ecoprinter Berkarya Bersatu untuk Indonesia

- 29 Oktober 2020, 14:09 WIB
/

GALAMEDIA - Pemaknaan sumpah pemuda tidak sekedar memperingati peristiwa lalu. Ikrar kebangsaan ini justru menjadi pemicu anak muda mengembangkan sisi kreatif dan keinginan terus belajar pada seni dan budaya bangsa.

Inilah yang ditunjukkan para penggiat seni kriya Ecoprinter dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka menggelar karyanya dalam rangka memperingati “Hari Sumpah Pemuda,” di zona Archipilago Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu, 28 Oktober 2020.

“Peringatan ‘Hari Sumpah Pemuda’ dapat menjadi spirit anak-anak muda belajar sejarah. Momentum ini kami jadikan sebagai mendorong lahirnya kreativitas berbasis seni dan budaya. Budaya bangsa Indonesia lahir dari masyarakat yang menjunjung perbedaan, seperti perbedaan suku, agama, dan ras,” ujar Koordinator Acara Untaian Ecoprint Indonesia, Wirasanti, di lokasi kegiatan.

Baca Juga: Tampar Presiden Prancis, Menteri Agama Fachrul Razi Tuntut Penghina Nabi Dihukum

Kreativitas berbasis seni dan budaya, tak lain menurut Wirasanti, berupa karya yang diberi identitas Ecoprint atau Ecoprinter. Sebuah seni kerajinan dengan jenis dan teknik memberi pola pada bahan atau kain menggunakan bahan alami, layaknya seni kerajinan membatik.

Karya ini melahirkan berbagai produk turunan, seperti tas, sepatu, dompet, selendang, kain, dan berbagai produk aksesoris lainnya dengan bahan dasar Ecoprinter.

Krisis ekonomi akibat pandemi covid-19, menurut Wirasanti, harus menjadi pemicu anak muda mengembangkan sisi kreativitasnya. Baik melalui seni asli atau produk seni berbasis industri kreatif.

Baca Juga: Sering Ribut dengan China, Indonesia Tawarkan 'Pangkalan' di Kepulauan Natuna kepada AS

 “Walaupun di masa pandemi covid-19, Ecoprinter Indonesia tetap berkarya. Menyatukan karya mereka menjadi satu untaian untuk Indonesia. Ecoprinter Indonesia menjadi lebih bersatu dan lebih dalam mengembangkan karyanya,” ujarnya semangat.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x