Inovasi Pelayanan DPMPTSP Kabupaten Bandung, Kepuasan Masyarakat Naik

- 29 Oktober 2020, 15:12 WIB
Sekretaris DPMPTSP Kabupaten Bandung, Supardian. (Ziyan M Nasyith/Galamedia)
Sekretaris DPMPTSP Kabupaten Bandung, Supardian. (Ziyan M Nasyith/Galamedia) /

GALAMEDIA - Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) terhadap pelayanan publik dengan pemanfaatan IT milik Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bandung sangat memuaskan.

Nilai kepuasan secara real time yang diberikan oleh masyarakat terhadap pelayanan publiknya di atas 80. Transformasi pelayanan publik dari manual ke digital tersebut ternyata telah dirintis sejak 2017.

Pelayanan publik secara online milik DPMPTSP tersebut perdana beroperasi pada 2018 dengan kehadiran aplikasi Sabilulungan Sistem Informasi Perizinan Terpadu (Samirindu).

Baca Juga: Momentum Hari Sumpah Pemuda, Ini Kata Kang DS

Dari data dan informasi yang dihimpun, aplikasi Samirindu ini dinilai cukup upgradable. Dimana aplikasi ini di dalamnya kaya akan konten terkait kebutuhan dunia usaha. Masyarakat pun bisa mengakses aplikasi tersebut dengan cukup mudah, kapanpun dan dimanapun.

Lalu lintas kunjungan masyarakat menuju aplikasi Samirindu ke website resmi DPMPTSP Kabupaten Bandung sangat banyak. Terlebih di dalam aplikasi Samirindu, selain terdapat konten Online Single Submission (OSS) juga terdapat konten idola para masyarakat yang berkeinginan membuat usaha baru. Konten tersebut bernama sistem layanan online cetak sendiri (Siloncer).

Menurut Sekretaris DPMPTSP Kabupaten Bandung, Supardian, Siloncer memudahkan pemohon melakukan proses perizinan secara online, tanpa harus dilakukan secara kontak fisik. Aplikasi milik DPMTSP tersebut cukup efektif, terlebih di masa pandemi Covid-19.

Baca Juga: Kompetisi Liga 1, 2 dan 3 2020 Resmi Ditunda Hingga Awal 2021

"Caranya juga sangat mudah. Tinggal upload persyaratan, nanti akan diverifikasi oleh kami. Jika terverifikasi maka akan ditandatangani secara digital oleh kepala dinas," kata dia.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x