Dibuat Bertekuk Lutut, Kim Jong-un Jadikan Mantan Kekasih Suksesor Baru Penguasa Korea Utara

- 29 Oktober 2020, 16:39 WIB
KIM Jong Un. (Reuters)
KIM Jong Un. (Reuters) /KCNA via Reuters/

GALAMEDIA - Ramai pemberitaan Kim Yo-jong, adik diktator Korea Utara Kim Jong-un yang digadang-gadang bakal menjadi pengganti, media kini mengalihkan perhatian pada sosok perempuan lain yang dalam bulan ini kerap menemani orang nomor satu Pyongyang tersebut.

Dikutip Galamedia dari DailyMail, Kamis (29 Oktober 2020) sosok dimaksud bukan ibu negara Ri Sol-ju melainkan mantan kekasih Kim, Hyon Song-wol. Anggota kelompok vokal Moranbong Band tersebut semakin kerap terlihat menemani Kim.

Kemunculan perempuan berusia 43 tahun itu pun memicu spekulasi jika dia telah merebut posisi Kim Yo-jong dari pemimpin tertinggi semenanjung utara Korea tersebut.

Hyon Song-wol mendampingi Kim dalam perjalanan resmi dan parade militer.
Penyanyi yahg sukses dengan sejumlah lagu hits di antaranya Excellent Horse-Like Lady, I Love Pyongyang dan She is a Discharged Soldier tampaknya mengambil alih tugas yang sebelumnya dilakukan adik perempuan Kim.

Baca Juga: Momentum Hari Sumpah Pemuda, Ini Kata Kang DS

Pada 10 Oktober lalu personel Tentara Rakyat Korea ikut dalam parade  nasional di Pyongyang untuk memperingati 75 tahun berdirinya partai berkuasa dengan menunjukkan kekuatan militer, termasuk rudal balistik antarbenua.

Pada even besar itu Hyon terlihat mengawal para pejabat ke tempat duduk dan memberikan bunga pada pemimpin militer tertinggi.

Laporan The Times, Kim Yo-jong sebaliknya terlihat duduk di barisan pejabat dengan pangkat rendah. Hyon sendiri tercatat sebagai  anggota komite pusat Partai Buruh Korea yang  yang diketuai Kim Jong-un.

Baca Juga: Nyaris Tak Ada Kehidupan di Bandara Kertajati yang Habiskan Uang Rp 2,6 Triliun

Menurut intelijen Korea Selatan, Hyon dan Kim Jong-un terlibat asmara satu dekade lalu saat Kim menyelesaikan pendidikan di Berne, Swiss.

Sementara itu, Kim Yo-jong (32) yang mendadak hilang selama empat minggu setelah digadang-gadang bakal jadi suksesor sang kakak dikhawatirkan sengaja “dibungkam” karena popularitasnya dianggap bisa melampauai Kim Jong-un.

Sebelumnya Kim Yo-jong diyakini menjadi tangan kanan Kim setelah beberapa kali mewakilinya di acara-acara resmi bahkan ikut  memengaruhi  kebijakan negara.

Baca Juga: Inovasi Pelayanan DPMPTSP Kabupaten Bandung, Kepuasan Masyarakat Naik

Di sisi lain ibu negara Ri Sol-ju juga sudah tidak terlihat sejak Januari hingga menimbulkan spekulasi bahwa Kim kembali dikaruniai anak.

Pasangan ini diyakini memiliki tiga orang anak dengan yang terkecil lahir pada 2017. Demikian menurut dinas intelijen Korea Selatan.

Putra Kim yang tertua kabarnya berusia 10 tahun. Fakta ini diartikan sebagai ancaman karena tidak satu pun dari keturunan Kim yang  dapat mengambil kendali rezim jika Kim Jong-un dilumpuhkan atau mati.

Kim Yo-jong pun muncul sebagai calon penerus awal tahun ini ketika Kim Jong-un secara misterius menghilang dari  publik selama beberapa minggu.

Baca Juga: Covid-19 Jadi Sejarah Kelam Bagi India, Ini Penyebabnya

Absennya Kim dari perayaan ulang tahun mendiang kakeknya pada pertengahan April yang merupakan hari terpenting dalam kalender politik Korea Utara memunculkan klaim jika diktator berusia 36 tahun itu sakit parah atau meninggal.

Namun Kim muncul kembali pada bulan Mei dan saat itu para ahli mengatakan  pengaruh Kim Yo-jong kian menguat.

Sosoknya menjadi perhatian luas di Barat menyusul perannya dalam diplomasi internasional pada medio 2018 - 2019 dengan tampil di serangkaian acara internasional.

Termasuk pada Olimpiade Musim Dingin 2018 di Korea Selatan dan KTT 2019 yang berujung kegagalan dengan Donald Trump di Vietnam.

Baca Juga: Tak Mau Repot Saat Belanja, Ibu Tinggalkan Dua Anak Balitanya dalam Kandang di Parkiran

Tahun ini peran kebijakan publik Kim Yo-jong makin memperkuat statusnya sebagai politikus berpengaruh di Korea Utara.

"Sebelumnya, Kim Yo Jong digambarkan  media pemerintah sebagai saudara perempuan Kim Jong-un, petugas protokol atau salah satu pejabat yang menyertainya," kata Rachel Minyoung Lee, mantan analis Korea Utara untuk pemerintah AS, awal tahun ini.

"Sekarang, warga Korea Utara tahu pasti ada yang lebih dari sekadar itu," lanjutnya.

Baca Juga: Lirik Lagu 'Mosi Tidak Percaya', Cholil: Relevan dengan yang Terjadi Saat Ini

Seolah menambah intrik persaingan antara Kim Yo-jong dan Hyon, laporan menyebut tahun 2013 Kim sempat memerintahkan eksekusi Hyon karena  diduga beredar video seks dirinya.

Hyon kabarnya ditembak mati oleh regu tembak bersama puluhan penyanyi dan penari. Tapi semua tak terbukti. Hyon tampil di televisi setelah laporan surat kabar tentang kematiannya muncul di media Korea Selatan.

Penyanyi yang terpaut tujuh  tahun dari Kim Jong-un itu bahkan memberikan pidato pada rapat umum pekerja seni nasional di Pyongyang pada Mei 2014.

Dalam pidatonya, ia berterima kasih kepada Kim atas kepemimpinannya. Ia berjanji akkan bekerja lebih keras demi seni dan kreativitas.

Baca Juga: Arab Saudi Terima Jemaah Umrah 1 November, 33 Ribu Jemaah Tetap Tak Bisa Berangkat

Kim yang menggantikan mendiang ayahnya sebagai pemimpin tertinggi Korea Utara pada tahun 2011 bertemu Hyon yang sudah dikenal sebagai penyanyi pop  ketika kembali dari Swiss.

Namun sang ayah Kim Jong-il tidak menyetujui hubungan di antara keduanya  dan memerintahkannya untuk mengakhiri asmara dengan Hyon.

Berikutnya Kim menikah dengan Ri dan Hyon menikahi perwira militer. Diyakini keduanya  telah memiliki seorang anak.

Meski demikian rumor yang beredar selama ini Kim diam-diam masih menemui Hyon meski telah resmi menikah dengan Ri.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Daily Mail


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x