Kapal Induk Terbaru China Siap Hadapi US Navy di Perairan Pasifik

- 29 Oktober 2020, 17:42 WIB
Siap Lawan US Navy, Kapal Induk Shandong China Membawa Deretan Alutsista Canggih
Siap Lawan US Navy, Kapal Induk Shandong China Membawa Deretan Alutsista Canggih /eng.chinamil.com.cn/Photo by Zhang Lei



GALAMEDIA - Kapal induk milik PLA Navy China, Shandong sudah siap operasional. Kapal induk yang dibuat berdasarkan Blue Print dari Varyag Uni Soviet ini, akan segera melaut untuk menghadapi US Navy Amerika Serikat (AS) di perairan Pasifik.

Komandan kapal induk Shandong, kapten Lai Yujin mengatakan, jika semua pengujian sudah selesai dilakukan.

"Fokus kami hanya pada pertempuran yang sebenarnya dan telah secara efektif menguji kinerja senjata di kapal," kata Lai.

Baca Juga: Waspada! Hujan Ekstrem Masih Bisa Terjadi di Jawa Tengah Bagian Selatan

"Pengujian dan pelatihan menunjukkan kinerja kapal induk Shandong yang semakin siap operasional," tambahnya.

Walau masih menggunakan tenaga konvensional alias bahan bakar Solar Diesel bukan Nuklir, Shandong bisa menjadi ancaman bagi negara-negara Asia.

Pasalnya ia membawa deretan alutsista terkini yang dijadikan mesin tempur garda depan PLA China.

Baca Juga: Libur Panjang, Ini 5 Tips Saat Berlibur di Tengah Pandemi

Dilansirkan zonajakarta.com dari CCTV dan Global Times, berjudul "Siap Lawan US Navy, Kapal Induk Shandong China Membawa Deretan Alutsista Canggih", Kamis 29 Oktober 2020, Dek Shandong dapat dijejali total 44 pesawat tempur. Diantaranya dua skuadron J-15D, helikopter intai maritim ZH-18J sebagai pemburu kapal selam hingga pesawat peringatan dini KJ-600.

Shandong juga sudah dilengkapi radar Active Electronially Scanned Array (AESA) generasi terkini yang bisa menjejak target dari jarak jauh.

Yang terpenting China dengan kapal induk ini harus bisa mendeteksi kapal selam senyap milik AS yakni Virginia class dan Ohio class yang bisa menyusup ke tengah-tengah armada PLA China untuk menenggelamkan Shandong dengan salvo torpedo.*** (Beryl Santoso/zonajakarta.com)

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x