Menlu Pompeo ke Indonesia, Guru Besar UI Sebut Ada Kaitannya dengan China

- 29 Oktober 2020, 22:26 WIB
Presiden Jokowi berbincang dengan Menlu AS Mike Pompeo, Kamis, 29 Oktober 2020, di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat.
Presiden Jokowi berbincang dengan Menlu AS Mike Pompeo, Kamis, 29 Oktober 2020, di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat. /BPMI/Setpres

GALAMEDIA - Lawatan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo ke Indonesia dinilai telah memberi pesan penting kepada China.

Hal itu disampaikan Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana. Menurut dia, pesan itu terkait dengan Laut China Selatan.

"Kehadiran Menteri Luar Negeri Pompeo ke Indonesia untuk bertemu dengan mitranya Menlu Retno Marsudi dan beraudiensi dengan Presiden Joko Widodo positif untuk memberi pesan kepada China yang belakangan sangat agresif di Laut China Selatan," kata Hikmahanto, Kamis, 29 Oktober 2020.

Baca Juga: Narasi TV Najwa Shihab Ungkap Pembakar Halte Sarinah Saat Demo Omnibus Law, Netizen Berikan Pujian

Ia menjelaskan, setelah di Sri Lanka Pompeo mengatakan Partai Komunis China sebagai predator, maka di Indonesia AS hendak menyampaikan pesan lain ke China.

Pesan itu yakni bahwa Indonesia tidak akan terjebak dengan ketergantungan utang terhadap China. Di sisi lain, China juga tidak akan bisa meminta Indonesia untuk membangun pangkalan militer.

"Kemitraan Strategis AS-Indonesia akan diperkuat baik untuk bidang ekonomi dan pertahanan," ujar Rektor Universitas Jenderal A Yani itu.

Baca Juga: Bandara Kertajati Bak 'Rumah Hantu': Direncanakan di Era Megawati, Diresmikan oleh Jokowi

Ia juga menggarisbawahi pernyataan Menlu Retno Marsudi bahwa semua negara diminta untuk menghormati UNCLOS di Laut China Selatan yang sangat diapresiasi oleh Pompeo.

Pernyataan ini tentu mengkritik klaim China atas wilayah di sembilan garis putus yang tidak memiliki dasar dalam UNCLOS dan telah dinyatakan demikian oleh putusan Permanent Court of Arbitration pada tahun 2016.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x