Hadapi Persaingan dan Revolusi Data, SBM ITB Gelar Career Planning Series

- 30 Oktober 2020, 14:41 WIB
/



GALAMEDIA - Tantangan dalam era digitalisasi industri 4.0 menyebabkan banyak perubahan tuntutan kebutuhan SDM di Indonesia. Ditambah dengan kondisi pandemi Covid-19, membuat persaingan semakin ketat dengan formasi pekerjaan yang terbatas.

“Dalam kondisi pandemi dimana persaingan yang ketat dengan formasi pekerjaan yang terbatas, termasuk persaingan bisnis bagi para startup dan lulusan entrepreneurs SBM ITB, untuk itu kami merasa perlu untuk membekali para lulusan agar memiliki berbagai keahlian” ujar Dekan SBM ITB Prof Utomo Sarjono Putro saat membuka Career Planning Series SBM ITB.

Perusahaan bersaing mencari talenta–talenta  terbaik untuk dipersiapkan menjadi calon-calon pemimpin baru yang akan meneruskan visi, misi, dan value perusahaan, untuk mempersiapkan, salah satunya bisa disiasati dengan berkolaborasi antar industri, alumni, serta organisasi profesi, dan komunitas institusi  pendidikan.

Baca Juga: Robert : Sepak Bola Indonesia Punya Masa Depan yang Cerah 

Selain terkait persaingan, sambung Utomo, revolusi data sedang berlangsung, Artificial Intelligence, Big Data, Internet of Things mengubah lanskap bisnis.

Perusahaan membutuhkan keahlian dan profesional baru. Antara lain para staff dan manajer yang benar-benar memahami data, cara menganalisisnya, memanfaatkan potensinya, dan mengubahnya menjadi strategi bisnis yang dapat mendukung keputusan pimpinan serta mendorong pertumbuhan bisnis.

Melihat ini, pemilihan bidang industri yang tepat bagi para lulusan merupakan salah satu kunci agar dapat senantiasa mengembangkan diri dan bereksplorasi sesuai minat dan bakat masing-masing.

Baca Juga: Usai Bertemu Pompeo, Indonesia Resmi Kecam Presiden Prancis: Lebih dari 2 Miliar Muslim Terusik

Itulah mengapa SBM ITB berkolaborasi dengan APIO, Big Data Lab dan Management of Technology Lab SBM ITB menggelar Program Career Planning series. Acara yang akan dilaksanakan mulai 27 Oktober hingga  12 Desember 2020 ini, diawali dengan Workshop Career Coaching & Preparation.

Menurut Dr. Anissa Lestari, Ketua APIO Jabar “Para peserta akan focus pada program untuk mengenal kekuatan dan kelemahan serta sejauh mana kesiapan  memasuki dunia karir melalui gambaran aspek-aspek kepribadian, kesiapan kerja, dan potensi berwirausaha”.

Utomo menambahkan "Program Career Planning ini juga menawarkan workshop Business Analytics berupa teknik dan proses yang dapat digunakan untuk menganalisis data sehingga meningkatkan kinerja bisnis melalui pengambilan keputusan berbasis data dan fakta".

Baca Juga: Dijuluki Brooke Shields dari Kuwait, Siksa Mantan Influencer Berparas Menawan Ini Diburu Aparat

“Pada workshop 4 hari tentang Data Analytics ini, para lulusan diharapkan mendapatkan pemahaman dan praktik langsung proses business analytics yang meliputi descriptive analytics, predictive analytics, prescriptive analytics dan machine learning model”.

“Bahasa pemrograman R diperkenalkan untuk lebih memberikan pemahaman menyeluruh mengenai business analytics ini”

Spesialnya, acara akan dipandu pakar Big Data SBM yang sudah sangat professional dan sering menjadi narasumber pada berbagai forum nasional dan internasional yaitu Dr. Manahan Siallagan, PhD. dan Dr. Eko Agus Prasetio.

Baca Juga: Anak Tak Suka Makan Sayur? 8 Cara Penuhi Kebutuhan Serat pada Anak

Hadir pula Dibyanta Andika Satari, Wakil Ketua Ikatan Alumni SBM ITB yang menyampaikan tentang rencana kolaborasi dengan SBM ITB.

Career Planning Series ini mempersiapkan para alumni  seperti kesempatan internship lulusan SBM di perusahaan-perusahaan tempat alumni bekerja termasuk berbagi dari para alumni yang sudah sukses baik di perusahaan maupun para entrepreneur dan pendiri startup alumni SBM ITB.

“Program ini bertujuan untuk mempersiapkan para lulusan SBM ITB, agar lebih siap memasuki dunia kerja dan mampu bersaing dengan kandidat lainnya, melalui skillsets, hands-on dan tutorial yang kami siapkan sehingga mampu mengembangkan potensi maksimal dari lulusan SBM ITB,” tutur Utomo.***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x