Ribuan Kilometer Demi Merebut Pulau Berbatu Tak Berpenghuni, Angkatan Laut AS-Jepang Gertak China

- 31 Oktober 2020, 16:03 WIB
Kapal induk Amerika Serikat USS Ronald Reagan.
Kapal induk Amerika Serikat USS Ronald Reagan. /US Navy/

GALAMEDIA - Penjaga Pantai China telah menjelajahi beberapa pulau terpencil Jepang sepanjang tahun. Sekarang latihan angkatan laut AS-Jepang berskala besar sedang mempraktikkan cara merebut kembali wilayah tersebut.

Puluhan ribu tentara AS dan Jepang terlibat dalam kampanye lompat pulau yang tidak pernah terlihat sejak Perang Dunia II.

Ini adalah bagian dari latihan Keen Sword 21. Misinya adalah "mengirimkan pasukan tempur untuk mempertahankan Senkaku atau menanggapi krisis atau kemungkinan lain".

Kepulauan Senkaku adalah sekelompok bebatuan tak berpenghuni sekitar 1.900 km barat daya Tokyo, hanya beberapa ratus kilometer dari Taiwan.

Mereka berada di jantung perselisihan pahit dengan Beijing.

Kekaisaran Jepang mensurvei dan mengklaim pulau-pulau itu pada tahun 1895. Komunis China mengklaim pulau-pulau itu pada tahun 1952.

Sejak Juli, kapal Penjaga Pantai yang dikendalikan oleh angkatan laut China tanpa henti mengarungi perairan mereka seolah-olah mereka memegang kendali.

Sekarang Tokyo mencoba mengambil alih.

"Situasi keamanan di sekitar Jepang menjadi semakin parah," kata kepala pasukan pertahanan Jepang, Jenderal Koji Yamazaki, kepada media di atas kapal pengangkut helikopter Kaga pada hari Senin.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x