Dituntut untuk Selalu Inovatif, UMKM Bumi Alumni Unpad Gelar Digital Fashion Show di Era Pandemi

- 2 November 2020, 16:33 WIB
/

GALAMEDIA - Di era pandemi, pelaku UMKM, khususnya UMKM Alumni Unpad yang bergerak di bidang fashion dituntut untuk selalu inovatif dalam memasarkan produk fashionnya. Dengan adanya keterbatasan aktivitas orang dan perdagangan barang dan jasa akibat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), CIMB Niaga Syariah Bank bekerjasama dengan Perkumpulan Bumi Alumni yang menaungi UMKM Alumni Unpad menyelenggarakan “Digital Fashion Show” pada Sabtu pekan lalu. 

Webinar Digital Fashion Show dilakukan dalam upaya meningkatkan produktivitas UMKM dibidang Fashion di masa pandemi, menhadirkan pembicara, Marini Zumarnis selaku public figure dan pelaku UMKM dan Devi Trisna, pemilik Qirani Group dan anggota komunitas UMKM Alumni Unpad yang tergabung dalam Perkumpulan Bumi Alumni. Moderator webinar ini, Dr. Dewi Tenty Septi Artiany SH MKn MH yang juga selaku Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga pada Perkumpulan Bumi Alumni.

Dewi Tenty atau yang dikenal dengan teh Dete adalah penggerak dan pemerhati UMKM yang juga pernah dinobatkan sebagai 17 Perempuan Tangguh versi Women’s Obsession bersama-sama dengan ibu Negara Iriani Jokowi pada tahun 2020.

Baca Juga: Kabur Saat Ketahuan, Dikira Prank Halloween Pria Ini Lempar Kepala Manusia ke Tong Sampah

“Dengan adanya keterbatasan aktivitas orang berdampak pada berkurangnya perdagangan atau transaksi barang dan jasa, termasuk produksi fashion. Hal ini menjadikan tantangan bagi pelaku UMKM untuk memanfaatkan peluang yang ada di era pandemi ini. Secara global, banyak industri besar, seperti Zara, Nordstrom dan H&M yang terpaksa harus menutup gerai tokonya pada tahun 2020 ini. Demikian juga di Indonesia, banyak industri pakaian yang terkena dampaknya karena banyak mal dan pusat perbelanjaan yang tutup selama PSBB”, ujar Dr. Ary Zulfikar SH MH selaku Ketua Umum Perkumpulan Bumi Alumni yang saat ini menjabat Direktur Eksekutif Hukum LPS dalam siaran persnya, Senin 2 November 2020.

Oleh karenanya, pelaku UMKM, khususnya UMKM Alumni Unpad harus dapat memanfaatkan peluang untuk mengisi pasar domestik melalui platform digital dan berfikir inovatif. Secara global, produk yang masih bertahan di era pandemi ini, adalah produk yang berbasis komunitas.

"Diharapkan pelaku UMKM Alumni Unpad dapat tetap memanfaatkan peluang yang ada berdasarkan potensi yang dimilikinya," ujar Ary Zulfikar yang dikenal Kang Azoo.

Baca Juga: Tahun 2021, Seluruh Kendaraan Dinas Pemprov Jabar Gunakan Kendaraan Listrik Merek Hyundai

Sementara Kang Lucky Harfiandi, Group Head Syariah Funding dan Biz Development CIMB Niaga Syariah menyatakan hal yang sama. Dikatakannya, CIMB Niaga Syariah sangat concerns terhadap pelaku UMKM, sehingga mendorong CIMB Niaga dapat bersinergi dengan Perkumpulan Bumi Alumni dalam mendorong pelaku UMKM di era pandemi ini.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x