Kabupaten Bandung Masuk 10 Besar Kategori Desa Maju se-Indonesia

- 3 November 2020, 18:45 WIB
Ilustrasi penduduk desa.
Ilustrasi penduduk desa. /Corpcomm XL Axiata

GALAMEDIA - Dari 270 Desa yang ada di Kabupaten Bandung, dalam kurun waktu lima tahun terakhir ini sudah tidak ada lagi desa bertatus tertinggal.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bandung, Tata Irawan Sobandi mengatakan, saat ini di wilayah tersebut terdapat 85 desa berkembang, 129 desa maju, dan sudah ada 56 desa mandiri.

Baca Juga: Rizal Ramli: Enam Tahun Lalu Mas Jokowi Super Media Darling, Kata-kata Kosong Bisa Jadi Headline

"Penilaian desa yang paling tinggi (bagus) disebut desa mandiri, lalu desa maju, desa berkembang, desa tertinggal, dan terakhir desa sangat tertinggal," ujar Tata, saat ditemui di kantornya, Soreang, Selasa 3 November 2020.

Tata memaparkan, target rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Badung tahun 2016-2021 bisa mencetak 44 desa mandiri.

"Sekarang sudah ada 56 desa mandiri, jadi sudah melampaui target. Bahkan Kabupaten Bandung sudah masuk 5 besar tinggkat Jawa Barat dalam katagori Desa Maju, sedangkan untuk desa mandiri terbanyak se-Jawa Barat," terangnya.

Baca Juga: Jamaah Umrah Diminta Taati Regulasi dan Jalankan Protokol Kesehatan

Sedangkan di tingkat nasional, kata dia, Kabupaten Bandung sudah masuk 10 besar Katagori Desa Maju.

Tata menjelaskan, desa mandiri bukan berarti desa tersebut mandiri dalam ekonomi, keuangannya tanpa APBD. Namun mandiri dalam pengelolaan keuangan dan perekonomian.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x