Presiden Joko Widodo Buka Rakernas dan Pertemuan Ilmiah Ikatan Apoteker Indonesia

- 5 November 2020, 20:07 WIB
/

GALAMEDIA - Kemandirian dalam industri obat-obatan dan alat kesehatan harus menjadi prioritas bersama dan dilakukan dengan cara-cara yang luar biasa di tengah pandemi Covid-19. Pandemi dengan segala dampak yang ditimbulkan memberi banyak pelajaran kepada kita.

Demikian antara lain, disampaikan Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Pertemuan Ilmiah Tahunan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), di Jakarta, Kamis 5 November 2020.

Pandemi, lanjut Presiden, telah membangkitkan rasa krisis dalam dunia farmasi. Hal ini diharapkan dapat memacu kegiatan riset, mengembangkan inovasi-inovasi, merevitalisasi industri bahan baku obat di dalam negeri, hingga memperkuat struktur manufaktur industri farmasi nasional.

Baca Juga: Ridwan Kamil : Pemuda Pancasila Harus Ikut Wujudkan Masyarakat Madani di Jawa Barat

“Kekayaan keragaman hayati Indonesia harus dijadikan modal dasar dalam kebangkitan industri obat dalam negeri. Keragaman hayati harus dimanfaatkan untuk memperkuat ketahanan masyarakat di bidang kesehatan. Obat fitofarmaka juga perlu difasilitasi untuk melewati uji klinis dan standarisasi sehingga menjadi pilihan pengobatan promotif dan preventif,” sambut Presiden.

Kebangkitan industri farmasi diharapkan dapat memperkuat perekonomian nasional, baik yang bekerja di hulu maupun di hilir industri, dan meningkatkan kesejahteraan para petani serta UMKM.

"Saya mengajak peran serta dalam rantai produksi, distribusi, dan pelayanan vaksinasi dengan memberikan pelatihan teknis terkait penanganan vaksin, serta bisa berperan menjadi promotor dan memberikan edukasi tentang vaksin," kata Presiden.

Baca Juga: KPK Akui Tengah Membidik Sejumlah Calon di Pilkada Serentak 2020

Tak kurang dari 5000 apoteker dari seluruh Indonesia mengikuti Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) 2020 yang diselenggarakan secara virtual pada 5 – 7 November 2020.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x