Buruh Kabupaten Bandung Tetap Berharap UMK 2021 Naik, Uben Beberkan Alasannya

- 5 November 2020, 20:28 WIB
Buruh melakukan aksi demo di depan Gedung Sate, Kota Bandung, beberapa waktu lalu. /

GALAMEDIA - Para buruh yang tergabung dalam Pimpinan Cabang Serikat Pekerja Tekstil Sandang dan Kulit Serikat Pekerja Seluruh  Indonesia (PC SPTSK SPSI) Kabupaten Bandung berharap kepada Gubernur Jabar melalui Bupati Bandung ada kenaikan upah minimum kabupaten (UMK) Bandung pada 2021 mendatang dari UMK 2020 ini. 

"Para buruh tetap berharap ada kenaikan UMK 2021 mendatang, dari besaran UMK 2020 Rp 3.139.275 ada kenaikan minimal 8,5 persen dari besaran UMK itu untuk penetapan UMK 2021 sebesar Rp 3.406.113," harap Ketua PC SPTSK SPSI Kabupaten Bandung Uben Yunara ketika dihubungi Galamedia melalui sambungan telepon, Kamis 5 November 2020 malam.

Ia mengatakan, harapan para buruh ada kenaikan UMK yang ditetapkan Gubernur Jabar itu, mengingat saat ini para buruh terdampak pandemi Covid-19. Untuk itu, dengan adanya kenaikan UMK 2021 menjadi harapan besar bagi para buruh.

Baca Juga: Exit Permit Dibatalkan, Janji Prabowo Pulangkan Habib Rizieq Dikomentari Mustofa Nahrawardaya

"Memang kita tahu, tak sedikit perusahaan yang terdampak pandemi Covid-19, sehingga kelangsungan perusahaannya terganggu. Tapi banyak juga perusahaan yang terkena dampak pandemi Covid-19, sehingga perusahaannya tetap stabil. Dengan adanya harapan kenaikan UMK itu, nantinya bisa kelihatan perusahaan mana yang tidak mampu maupun mampu dalam melaksanakan UMK," kata Uben.

Untuk mengetahui perkembangan dalam penetapan UMK Bandung 2021 yang nantinya akan direkomendasikan ke Gubernur Jabar melalui Bupati Bandung itu, imbuh Uben, pihaknya masih menunggu hasil rapat yang akan dilaksanakan dewan pengupahan Kabupaten Bandung.

"Dewan pengupahan Kabupaten Bandung akan melaksanakan rapat minggu depan. Kita masih menunggu hasil rapat itu. Dari SPSI juga ada yang masuk dewan pengupahan. Jadi Kabupaten Bandung masih menunggu hasil rapat dewan pengupahan," katanya.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Buka Rakernas dan Pertemuan Ilmiah Ikatan Apoteker Indonesia

Ia mengatakan, dari hasil rapat dewan pengupahan itu akan diserahkan ke Bupati Bandung. Pihaknya sebagai wakil dari para buruh akan melakukan komunikasi dengan Bupati Bandung, dengan harapan Bupati tetap merekomendasikan menaikkan UMK 2021.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X