Aksantara ITB Borong Kontes Robot Terbang Indonesia 2020

- 6 November 2020, 15:49 WIB
/

GALAMEDIA - Sabet lima dari enam divisi perlombaan, Unit Kegiatan Mahasiswa ITB Aksantara memborong juara di Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2020 yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 23-31 Oktober 2020.

Universitas Lampung (Unila) sebagai tuan rumah perlombaan ini dan diikuti kurang lebih 33 perguruan tinggi seperti Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Indonesia, Telkom University.

Ketua Aksantara ITB 2019-2020 Rafael (AE’17) di Bandung, Jumat 7November 2020, mengatakan timnya telah melakukan persiapan KRTI 2020 sejak awal Januari bersamaan dengan proses rekrutmen anggota baru dan pembentukan tim lomba KRTI Aksantara.

Baca Juga: Ribuan Warga China Terinfeksi Wabah Brucellosis, Buntut Bocornya Pabrik Biofarmasi September Lalu

Walaupun Unila menjadi tuan rumah KRTI 2020, karena situasi pandemi COVID-19 seluruh peserta tidak mengikuti lomba di Lampung melainkan diminta untuk mendemonstrasikan produk yang dilombakan dari daerahnya masing-masing.

"Adanya pandemi Covid-19 ini juga berdampak pada persiapan lomba, awalnya pihak kampus belum mengizinkan untuk melakukan aktivitas khusus untuk tim lomba di area kampus sehingga kami tidak dapat mengakses fasilitas kampus dan workshop yang biasa kami gunakan untuk persiapan lomba," kata dia.

"Sampai akhirnya pihak kampus mengizinkan kami untuk mendapatkan tempat kerja di Asrama Sangkuriang ITB. Tidak hanya soal tempat persiapan lombanya saja, tetapi juga tempat untuk mendemonstrasikan produk menjadi kendala lain yang dihadapi. Karena demonstrasi produk dilakukan dari daerah masing-masing yang kemudian dibuat video, mencari tempat yang luas dengan izin resmi itu bukan hal yang mudah," lanjut Rafael.

Baca Juga: Dua Pemuda Pelaku Pencurian Sepeda di Asrama Pussenkav Ditangkap Saat Asik Main Game Internet

Menjalani perlombaan di tengah situasi pandemi Covid-19 bukanlah hal yang mudah. Namun tim Aksantara ITB telah membuktikan bahwa keterbatasan situasi bukan menjadi hambatan untuk berpikir kreatif, adaptif, menghasilkan karya yang inovatif, dan spektakuler.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x