Bupati Tekankan Penerapan Prokes Harus Jadi Prioritas di Pilkades Serentak

- 7 November 2020, 15:50 WIB
Bupati Sumedang Dr.H.Dony Ahmad Munir.
Bupati Sumedang Dr.H.Dony Ahmad Munir. /

GALAMEDIA - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 88 desa di Kabupaten Sumedang sudah fik digelar pada 16 Desember mendatang.

"Pelaksanaan Pilkades di masa pandemi Covid-19 ini, menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintahan setempat. Karena itu, penerapan protokol kesehatan (Prokes) harus jadi prioritas ," kata Bupati Sumedang Dr.H.Dony Ahmad Munir, Sabtu 7 Nopember 2020.

Untuk itu teknis pelaksanaan Pilkades serentak itu,  tentu saja harus dipersiapkan secara matang, sesuai standar prokes Covid-19. Mulai dari pengadaan alat pengukur suhu tubuh, sabun pencuci tangan, hand sanitizer, alat semprot disinfektan, serta sarung tangan untuk seluruh panitia dan hak pilih.

Baca Juga: Pos Kotis Satgas Pamtas Yonif Raider 200/BN Gelar Pengobatan & Khitanan Door to Door

"Intinya Pilkades serentak ini bisa kita jalankan karena kondisi di Sumedang sudah terkendali, namun tetap dengan menerapkan protokol kesehatan. Jangan sampai pelaksanaan Pilkades ini menjadi klaster baru. Untuk itu, segala kemungkinan harus benar-benar diantisipasi," tandasnya.

Disamping itu, pelaksanaan Pilkades harus mempunyai indikator kesuksesan. Yaitu penyelenggaraan aman, partisipasi pemilih meningkat, menghasilkan Kades yang berkualitas, sukses administrasi, serta menjalankan Prokes.

Demikian pula, keamanan harus diperhatikan. Selain itu, kebutuhan-kebutuhan logistik dan masa kampanye harus benar-benar dikaji dan dilaksanakan sesuai dengan Prokes yang telah ditetapkan. Jangan sampai mengundang kerumunan orang.

Baca Juga: Kalah Dipilpres, Orang-orang Terdekat Trump Malah Terpapar Positif Covid-19

"Saya juga tidak henti-hentinya mengingatkan masyarakat supaya melaksanakan gerakan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Ingat,  bahwa hingga saat ini penanganan pandemi Covid-19 belumlah tuntas," ujarnya.***

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x