Menang Pilpres AS 2020, Kamala Harris Catat Sejarah Baru Amerika Serikat

- 8 November 2020, 08:30 WIB
Kamala Harris
Kamala Harris /www.joebiden.com


GALAMEDIA - Kamala Harris membuat sejarah baru pada Sabtu waktu AS. Dia menjadi wanita campuran kulit hitam dan Asia selatan pertama yang terpilih menjadi wakil presiden (wapres) Amerika Serikat (AS).

Dia berhasil melibas penghalang yang membuat pria, hampir semuanya berkulit putih, yang bercokol di tingkat tertinggi politik AS selama lebih dari dua abad.

Mengutip APNews, Minggu 8 November 2020 Senator California berusia 56 tahun ini merupakan orang pertama keturunan India yang terpilih sebagai wakil presiden.

Terpilihnya Haris sebagai Wapres mendampingi Joe Biden, mewakili multikulturalisme yang mendefinisikan Amerika, tetapi sebagian besar tidak ada di pusat-pusat kekuasaan Washington.

Baca Juga: Joe Biden dan Kamala Harris Menang Pilpres AS 2020 Bakal Kirim Warga AS ke China

Identitas kulit hitamnya dinilai memberikan kebebasan baginya untuk bersuara secara pribadi di tengah pertiwa sebetulnya soal kebrutalan polisi dan rasisme yang begitu sistemik di AS.

Sebagai wanita dengan peringkat tertinggi yang pernah terpilih dalam pemerintahan Amerika, kemenangannya memberikan harapan bagi wanita yang terpukul oleh kekalahan calon wanita sebelumnya yaitu Hillary Clinton, 4 tahun lalu, melawan Donald Trump.

Harris telah menjadi bintang baru dalam politik Demokrat selama hampir dua dekade terakhir, menjabat sebagai jaksa wilayah di San Francisco dan jaksa agung California sebelum menjadi senator AS.

Setelah Harris mengakhiri kampanye presiden Demokrat 2020, Joe Biden menunjuk Harris sebagai wakilnya. Mereka akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden pada 20 Januari 2021.

Baca Juga: Exit Permit Dibatalkan Habib Rizieq Tetap Pulang, UAS Menangis Adanya Fitnah ke Cucu Nabi

Pemilihan pasangan Biden menambah signifikansi karena Biden akan menjadi presiden tertua yang pernah dilantik, pada usia 78, dan belum berkomitmen untuk mengupayakan masa jabatan kedua pada 2024.

APNews menilai, Harris sering membingkai pencalonannya sebagai bagian dari warisan, dari perempuan kulit hitam perintis yang datang sebelum dia, termasuk Mary McLeod Bethune, aktivis hak sipil Fannie Lou Hamer dan Shirley Chisholm, kandidat kulit hitam pertama yang mencari partai besar pencalonan presiden, pada tahun 1972.

"Kami jarang mengajarkan cerita mereka. Tapi sebagai orang Amerika, kita semua berdiri di atas bahu mereka," ujar Harris, Agustus lalu, saat dia menerima nominasi wakil presiden partainya.

Baca Juga: Exit Permit Dibatalkan Habib Rizieq Tetap Pulang, Terungkap Ada Konspirasi Percobaan Penggagalan

Terlepas dari euforia kemenangan Biden-Haris atas Trump-Mike Pence, dia dan Biden menghadapi tantangan yang berat, termasuk memperdalam ketegangan rasial di AS setelah pandemi yang telah memakan korban yang tidak proporsional pada orang kulit berwarna dan serangkaian pembunuhan polisi terhadap orang kulit hitam Amerika.

Pekerjaan Harris di masa lalu sebagai jaksa penuntut telah memicu skeptisisme di antara kaum progresif dan pemilih muda yang menginginkannya untuk mendukung perubahan kelembagaan atas reformasi tambahan dalam kepolisian, kebijakan narkoba, dan lainnya.

Harris adalah wanita kulit hitam kedua yang terpilih menjadi senat.

Baca Juga: Misterius, Spanduk dan Baligo Habib Rizieq Shihab Dirusak Orang Tak Dikenal

Rekannya, Senator Cory Booker, yang juga berkulit hitam mengatakan kehadirannya membuat institusi menjadi lebih dapat diakses oleh lebih banyak orang dan menyarankan agar dia melakukan hal yang sama saat menjadi wakil presiden.

Harris lahir pada tahun 1964 dari dua orang tua yang aktif dalam gerakan hak-hak sipil. Shyamala Gopalan, dari India dan Donald Harris dari Jamaika, bertemu di University of California, Berkeley, yang kemudian menjadi sarang aktivisme tahun 1960-an.

Mereka bercerai, Harris dan saudara perempuannya dibesarkan oleh mendiang ibunya yang dianggapnya paling berpengaruh dalam hidupnya.

Kamala adalah bahasa Sansekerta untuk "bunga teratai", dan Harris mengiyakan soal warisan India-nya ini selama kampanye, termasuk dengan panggilan kepadanya.

Baca Juga: Joe Biden dan Kamala Harris Kebanjiran Ucapan Selamat dari Pemimpin Dunia

Namanya menjadi ejekan oleh Partai Republik, termasuk Trump. Ini hanyalah salah satu serangan yang dihadapi Harris. Trump dan sekutunya berusaha mencapnya sebagai radikal dan sosialis terlepas dari catatannya yang lebih sentris, upaya yang bertujuan untuk membuat orang tidak nyaman tentang prospek perempuan kulit hitam dalam kepemimpinan.

Dia menjadi sasaran disinformasi online yang dicampur dengan rasisme dan seksisme tentang kualifikasinya untuk melayani sebagai presiden.

Anggota Kongres Pramila Jayapal dari Washington mengatakan kekuatan Harris tidak hanya berasal dari pengalaman hidupnya tetapi juga dari orang-orang yang sudah dia wakili.

California adalah negara dengan populasi terpadat dan salah satu negara bagian yang paling beragam; hampir 40% orang adalah Latino dan 15% adalah Asia.

Baca Juga: Exit Permit Dibatalkan Habib Rizieq Tetap Pulang, Babeh Haikal Keluarkan Tantangan

Di Kongres, Harris dan Jayapal bekerjasama dalam rancangan undang-undang untuk memastikan perwakilan hukum bagi Muslim yang menjadi target larangan perjalanan Trump tahun 2017 dan untuk memberikan hak kepada pekerja rumah tangga.

Ibu Harris membesarkan putrinya dengan pemahaman bahwa dunia akan melihat mereka sebagai wanita kulit hitam, dan begitulah cara dia menggambarkan dirinya saat ini.

Dia kuliah di Howard University, salah satu perguruan tinggi dan universitas kulit hitam historis bangsa, dan berjanji Alpha Kappa Alpha, perkumpulan mahasiswa pertama bangsa yang dibuat untuk perempuan kulit hitam.

Baca Juga: Exit Permit Dibatalkan Habib Rizieq Tetap Pulang, MUI: Saat Ini Kemungkaran Sudah Sangat Merajalela

Dia berkampanye secara teratur di HBCUs dan mencoba untuk mengatasi kekhawatiran pria dan wanita kulit hitam muda yang bersemangat untuk upaya yang kuat guna membongkar rasisme sistemik.

APNews menilai, kemenangannya bisa mengantarkan lebih banyak perempuan kulit hitam dan orang kulit berwarna ke dalam politik.

Walikota San Francisco London Breed, yang menganggap Harris sebagai mentor, memandang kesuksesan Harris melalui kacamata identitasnya sendiri.

"Orang Afrika-Amerika tidak jauh dari perbudakan dan kengerian rasisme di negara ini, dan kami masih merasakan dampaknya dengan cara kami diperlakukan dan apa yang terjadi di sekitar pemberontakan rasial ini," katanya.

Baca Juga: Pol Espargaro Raih Pole Positition, Joan Mir Paling Senang di MotoGP Eropa 2020

Pencalonan Harris menanamkan banyak kebanggaan dan beserta harapan, kegembiraan. Harris menikah dengan seorang pria Yahudi, Doug Emhoff, seorang lawyer, yang anak-anaknya dari pernikahan sebelumnya memanggilnya "Momala".

Kegembiraan tentang pencalonannya meluas kepada wanita dari berbagai ras.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x