Joe Biden Menang di Pilpres AS 2020, Ini yang Dinantikan Presiden Jokowi

- 8 November 2020, 12:33 WIB
Presiden Jokowi.
Presiden Jokowi. /Setkab.go.id



GALAMEDIA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat atas kemenangan Joe Biden dan Kamala Harris pada pilpres Amerika Serikat (AS) 2020.

Melalui akun Instagramnya Jokowi memamerkan foto saat bersama Biden.

"Selamat terhangat saya untuk Joe Biden dan Kamala Harris atas pemilihan bersejarah Anda. Hasil yang sangat besar adalah refleksi dari harapan yang ditempatkan pada demokrasi," tulisnya dikutip Minggu 8 November 2020.

Jokowi mengungkapkan dirinya menantikan kerjasama bilateral yang kuat antara Indonesia-AS.

Baca Juga: Exit Permit Dibatalkan, Doa dan Dzikir Kepulangan Habib Rizieq Menggaung di Tanah Air

"Saya menantikan untuk bekerjasama dengan Anda dalam memperkuat kemitraan strategis Indonesia-AS dan mendorong kerjasama kita di bidang ekonomi, demokrasi dan multilateralisme untuk kepentingan kedua bangsa dan seterusnya," imbuhnya.

 Baca Juga: Exit Permit Dibatalkan Habib Rizieq Tetap Pulang, Bantah Dideportasi Netizen Unggah Video Itikaf

Pasangan calon presiden dan wakil presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden dan Kamala Haris keluar sebagai pemenang dalam pilpres AS 2020 yang digelar Rabu 3 November 2020 waktu setempat.


Biden dan Harris berhasil mengungguli perolehan suara atas pasangan petahana dari Partai Republik, Donald J. Trump dan Mike Pence di Pennslyvania.

Joe Biden menjadi presiden terpilih ke-46 Amerika Serikat, setelah kemenangan di negara bagian tempat ia dilahirkan menempatkannya atas 270 suara elektoral yang dibutuhkan untuk menang.

Baca Juga: Exit Permit Dibatalkan Habib Rizieq Tetap Pulang, UAS Menangis Adanya Fitnah ke Cucu Nabi

Dengan 20 suara elektoral Pennsylvania, Biden sekarang memiliki total 273 suara elektoral dengan Donald Trump meraih 214 suara.

Atas kemenangan itu, Biden mengirim pesan kepada mereka yang memilih Donald Trump dengan menyerukan persatuan dan rekonsiliasi.

Mantan wakil presiden AS era Barrack Obama itu mengatakan sudah waktunya kedua belah pihak untuk saling mendengarkan lagi.

Baca Juga: Exit Permit Dibatalkan Habib Rizieq Tetap Pulang, Terungkap Ada Konspirasi Percobaan Penggagalan

"Sudah waktunya untuk menyingkirkan retorika kasar, menurunkan suhu, bertemu lagi, saling mendengarkan lagi, dan untuk membuat kemajuan, kita harus berhenti memperlakukan lawan kita sebagai musuh kita. Mereka bukan musuh kita. Mereka orang Amerika," kata Biden.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x