Ini 5 Donatur Besar Dibalik Biaya Kampanye Joe Biden dan Kamala Harris

- 8 November 2020, 12:55 WIB
Presiden AS terpilih Joe Biden.
Presiden AS terpilih Joe Biden. /Twitter @JoeBiden/


GALAMEDIA - Sejumlah miliuner berada di belakang para calon presiden Amerika Serikat (AS) selama Pemilihan Presiden (Pilpres) berlangsung. Begitu pun Joe Biden, Presiden AS terpilih ini memiliki banyak pendukung di kalangan miliuner.

Dilansir dari Forbes, Minggu 8 November 2020, sejak Juli 2020 ada 70 miliuner dan keluarganya yang mendukung Biden dalam Pilpres AS 2020. Jumlah donasi berkisar 1.000 dolar AS hingga jutaan dolar dolar AS.

Meski Donald Trump terbilang jauh lebih kaya dari Joe Biden, namun ia tetap dibantu oleh sejumlah orang kaya lain. Trump pun didukung oleh 27 miliuner AS.

Forbes mengatakan, setidaknya ada 5 orang terkaya di AS yang memberikan dukungan senilai 160,4 juta dolar AS atau sekitar Rp 2,2 triliun untuk Joe Biden.

Baca Juga: Exit Permit Dibatalkan, Doa dan Dzikir Kepulangan Habib Rizieq Menggaung di Tanah Air

Berikut daftar 5 orang terkaya tersebut:

1. Steve & Connie Ballmer

Pasangan ini memiliki kekayaan  69,7 miliar dolar AS atau sekitar Rp 975 triliun lebih. Steve merupakan mantan CEO Microsoft, yang juga pemilik klub bola basket LA Clippers.

Sumbangan ke Biden diberikan lewat istrinya, yaitu Connie Ballmer dengan nilai lebih dari 100.000 dolar AS atau sekitar Rp 1,5 miliar. Selain itu, selama tahun ini, Connie telah menyumbang 510.000 dolar AS atau Rp 7,25 miliar untuk kampanye Partai Demokrat.

Baca Juga: Exit Permit Dibatalkan Habib Rizieq Tetap Pulang, UAS Menangis Adanya Fitnah ke Cucu Nabi

2. Jacqueline Mars

Wanita ini memiliki kekayaan 28,9 miliar dolar AS atau sekitar Rp 404 triliun. Dia adalah pemilik perusahaan Mars, produsen cokelat dan permen.

Sumbangan tercatat yang dia berikan untuk Biden hanya 1.000 dolar AS. Namun lewat anaknya, keluarga ini banyak menyumbang untuk Partai Demokrat dan Joe Biden.

3. Jim & Marilyn Simons

Pasangan ini memiliki harta 23,5 miliar dolar AS atau sekitar Rp 329 triliun. Jim merupakan pendiri perusahaan teknologi di AS bernama Renaissance Technologies.

Dalam catatannya, pasangan ini menyumbang 2.800 dolar AS untuk mengukung Biden dalam Pilpres, lalu 978.400 dolar AS untuk program Biden Action Fund, kemudian 100.000 dolar AS untuk Biden Victory Fund, lalu 3 juta dolar AS untuk Unite the Country, dan 4 juta dolar AS untuk Priorities USA Action.

Baca Juga: Exit Permit Dibatalkan Habib Rizieq Tetap Pulang, Terungkap Ada Konspirasi Percobaan Penggagalan

Sejak 2019, pasangan ini tercatat mendonasikan lebih dari 20 juta dolar AS atau sekitar Rp 300 miliar untuk politik.

4. Leonard Lauder & Judith Glickman Lauder

Pasangan ini memiliki kekayaan 19,7 miliar dolar AS atau sekitar Rp 276 triliun. Leonard menjalankan bisnis kosmetik keluarganya bernama Estee Lauder.

Untuk mendukung Biden sebagai presiden di Pilpres, pasangan ini menyumbang hanya 2.800 dolar AS. Tapi lewat anak-anaknya, pasangan ini banyak menyumbang uang untuk Partai Demokrat di AS selama kampanye berlangsung.

Baca Juga: Exit Permit Dibatalkan Habib Rizieq Tetap Pulang, Babeh Haikal Keluarkan Tantangan

5. Laurene Powell Jobs

Wanita mantan istri pendiri Apple, Steve Jobs ini memiliki harta 18,6 miliar dolar AS atau sekitar Rp 260 triliun.

Dia menyumbang 2.800 dolar AS untuk Biden dalam Pilpres, dan juga 710.600 dolar AS untuk Biden Victory Fund.

Sejak 2019, Laurene tercatat telah berkontribusi lebih dari 1,5 juta dolar AS atau sekitar Rp 22 miliar untuk Partai Demokrat.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x