Ciri Khas Kamala Harris saat Kampanye Pilres Amerika Serikat Hingga Menarik Perhatian Publik

- 8 November 2020, 16:54 WIB
Wakil Presiden Terpilih AS 2020 Kamala Harris.
Wakil Presiden Terpilih AS 2020 Kamala Harris. /twitter.com/@KamalaHarris




GALAMEDIA - Sejak terpilih menjadi pendamping Joe Biden di Pilres AS, Kamala Harris mulai menarik banyak perhatian.

Apalagi dengan status barunya tersebut, Kamala saat ini menjadi perempuan kulit hitam pertama yang menduduki posisi sebagai calon wakil presiden AS.

Perempuan Afrika-Amerika keturunan Jamaika-India ini juga menjadi orang pertama keturunan India yang dinominasikan untuk jabatan nasional oleh partai besar.

Baca Juga: Loyalis Bingung dan Takut, Tegang Mirip Adegan Film Downfall Tak Ada yang Berani Intervensi Trump

Tidak hanya prestasi dan reputasinya dalam dunia politik, Kamala Harris juga ternyata menarik perhatian publik karena memiliki gaya fashion yang menarik.

Sejak menjejaki dunia profesional, ia selalu tampil dengan gaya yang simple mengenakan setelan blazer dan celana bahan berwarna gelap yang dipadukan dengan blouse atau kaos, serta aksesori seperti kalung dan anting.

Gaya ini sudah menjadi ciri khas Kamala sejak lama dan menjadi pilihannya ketika mencalonkan diri sebagai cawapres AS. Selama menjalani kampanye bersama Biden, Kamala tidak pernah sekali pun terlihat mengenakan busana glamor.

Baca Juga: Amerika di Ambang Chaos, Trump Bersumpah Takkan Hadiri Pelantikan 'Presiden Palsu'

Gayanya tersebut membuat Kamala tampil kasual tapi tetap profesional. Ia pun mendapatkan banyak pujian dari masyarakat, terutama sesama perempuan.

Busananya dianggap sangat merepresentasikan perempuan modern saat ini.

Menurut pakar image consultant, Joseph Rosenfeld, gaya berbusana tersebut merupakan strategi yang bagus.

Baca Juga: Ada Masyumi 'Reborn', Ini Komentar Mahfud MD dalam Cuitan Twitternya

"Saat dia mengenakan kombinasi busana seperti itu, dia memberikan pesan yang jelas, yaitu 'Aku bersahabat dan bisa dijangkau, akan mendukung dan mendengarkan. Selain itu, busananya juga menunjukkan kalau aku tangguh. Aku tidak bisa menyia-nyiakan waktu dan kita harus menyelesaikan semua pekerjaan'," ungkap Joseph seperti dilansirkan rri.co.id dari HuffPost, Minggu 8 November 2020.

Meski cara berbusananya mencuri perhatian, namun tidak ada yang tahu pasti brand apa yang sedang dikenakan oleh Kamala Harris.

Hazel Clark, seorang profesor mata pelajaran fashion di Parsons School of Design di New York, menjelaskan, bisa jadi ini merupakan cara Kamala untuk menghindari kritikan soal penampilan seperti yang dialami oleh Representatif Alexandria Ocasio-Cortez (AOC).

Baca Juga: Ditemukannya Pekerja Bergaji Diatas Rp 5 Juta Dapat Bantuan Subsidi Upah, Awalnya Rekomendasi KPK

Dimana AOC dikritik karena memotong rambut dengan budget yang dinilai berlebihan padahal harganya adalah harga standar potong rambut di Washington DC.

"(Gaya berbusana) Kamala Harris termasuk aman tapi dia juga membangun citra diri dari busananya tersebut. Dia tidak akan berpakaian secara berlebihan," pungkas Hazel kepada HuffPost.

Lewat gaya berbusananya, Kamala seakan ingin melanjutkan era pantsuit milik Hillary Clinton saat ia mencalonkan diri sebagai presiden AS pada 2008 lalu. Hillary sendiri mengaku bahwa pantsuit membuatnya merasa lebih profesional dan siap melakukan berbagai hal.

Baca Juga: [Link Live Streaming] Bigmatch Manchester City vs Liverpool dan Pertandingan Lainnya

Menurutnya, pantsuit juga memudahkannya untuk membaur dengan rekan-rekan pria di dunia politik. Jadi rasanya tidak salah jika Kamala Harris begitu nyaman serta percaya diri mengenakan setelan blazer dan celana bahan.

"Bisa jadi ia juga memiliki pemikiran yang sama dengan Hillary, bahwa gaya busananya bisa menunjukkan bahwa ia adalah perempuan yang berani, profesional, dan siap bekerja keras," tuturnya. ***

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x