Pembalap Suzuki Merajalela di Grand Prix Eropa, Joe Mir Urutan Pertama, Alex Rins Runner Up

- 8 November 2020, 21:42 WIB
Pebalap tim Suzuki Ecstar Joan Mir dan Alex Rins di Grand Prix Eropa, Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol. (8/11/2020) Reuters/Juan Medina
Pebalap tim Suzuki Ecstar Joan Mir dan Alex Rins di Grand Prix Eropa, Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol. (8/11/2020) Reuters/Juan Medina /


 
GALAMEDIA - Joan Mir meraih kemenangan menjuarai Grand Prix Eropa di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Minggu, 8 November 2020.

Pebalap tim Suzuki Ecstar itu kini mengoleksi 162 poin, memperlebar jarak dari rival terdekatnya Fabio Quartararo dengan 37 poin setelah pebalap tim Petronas Yamaha itu terjatuh dan finis di P14.

Alex Rins melengkapi selebrasi Suzuki setelah finis 0,651 detik berselang sebagai runner-up, membawa Suzuki finis 1-2 untuk pertama kalinya musim ini.

Baca Juga: Ini Mantan Presiden dan Artis yang Mengucapkan Selamat untuk Joe Biden

Pebalap Spanyol itu kini naik ke peringkat tiga dengan raihan poin 125, sama dengan yang dimiliki Quartararo.

Pol Espargaro, yang start dari pole position, melengkapi podium dengan finis peringkat tiga.

Duet Suzuki itu tampil dominan sejak awal lomba.

Baca Juga: Beri Ucapan Selamat Pada Joe Biden, Ini Harapan Presiden Palestina

Start dari P2 setelah babak kualifikasi yang basah, Rins mengambil alih pimpinan lomba setelah menyalip polesitter Pol Espargaro di lap kedua, dan dua lap berselang Joan Mir melewati sang pebalap KTM untuk membawa dua Suzuki terdepan.

Mir yang berburu kemenangan MotoGP pertamanya, melihat celah ketika Rins melebar di Tikungan 11 dan menyalip rekan satu timnya itu di lap ke-17. Mir bertahan di depan dengan 11 lap tersisa hingga finis pertama, menjadikannya pebalap kesembilan yang berbeda musim ini yang mengecap podium sebagai juara Grand Prix.

Mir kini memiliki peluang untuk mengunci gelar juara dunia di Grand Prix Valencia pekan depan, di mana ia hanya perlu menjaga jarak 26 poin dari rival-rivalnya di akhir balapan.

Baca Juga: Mengaku Sudah Nikah Siri, Pasangan Ini Beberapa Kali Melakukan Hubungan Badan di Kuburan

Sementara itu, penderitaan bagi Yamaha berlanjut di Valencia. Setelah manajer tim pabrikan Massimo Meregalli dan keempat anggota kru harus menjalani karantina, Valentino Rossi, yang kembali membalap setelah sembuh dari COVID-19, menyudahi balapan karena mengalami masalah teknis ketika baru melaju lima putaran.

Sedangkan, Maverick Vinales start dari jalur pit karena menggunakan mesin keenamnya musim ini, melebihi batas alokasi mesin yang diperbolehkan dalam satu musim. Top Gun finis P13 dan kini melorot ke dari peringkat tiga ke peringkat empat klasemen, terpaut 41 poin dari puncak.

Juara Grand Prix Teruel Franco Morbidelli gagal membuat gebrakan lagi bagi tim Petronas Yamaha setelah hanya mampu finis P11.

Baca Juga: Donald Trump Ajukan Gugatan, Joe Biden Akan Sembuhkan Amerika

Empat lap terakhir Alex Marquez terjatuh ketika bertarung dengan Andrea Dovizioso untuk posisi delapan. Sang pebalap Ducati kini berada di peringkat enam klasemen dengan 117 poin, sama dengan yang dimiliki Morbidelli. ***

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x