Kunjungi Perkebunan di Kertasari, Kang DS Dapat Curhatan Ini dari Warga.Sedih Ya?

- 9 November 2020, 08:29 WIB
/

GALAMEDIA - Banyak kisah pilu di pemukiman perkebunan di Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung. Salah satunya warga pekerja perkebunan teh. Baik dari sisi ekonomi maupun fasiltas  bangunan atau rumah pekerja dan pensiunan perkebunan PTPN VIII yang sudah tidak layak huni dan rapuh yang usia rumahnya mungkin sudah puluhan tahun bahkan lebih dari 100 tahun. 

Tidak hanya itu, pensiunan para pekerja Perkebunan Nasional (PTPN) VIII masih belum dibayarkan sejak tahun 2015. Sejatinya, dana pensiun tersebut harus dibayar sekaligus ketika karyawan pensiun. Akan tetapi, sejak 2015 pembayaran dana pensiun dilakukan dengan cara dicicil. Padahal dalam perjanjian kerja dan SK harusnya dibayar kontan.

Hal tersebut disampaikan warga perkebunan mereka saat H.M Dadang Supriatna, Calon Bupati Bandung nomor urut 3 berkunjung dan berdialog langsung dengan masyarakat di beberapa desa di Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung, Senin 9 Nopember 2020. 

Baca Juga: Hari Ini Buruh Kembali Turun ke Jalan, Tolak UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja

Ade, salah seorang pensiunan karyawan PTPN VIII mengatakan selama ini pihaknya terus menuntut hak mereka kepada jajaran direksi PTPN VIII. 

"Pihak direksi selalu beralasan jika saat ini perusahaan tak memiliki uang. Performa perusahaan terus menurun dikarenakan penjualan produk teh dan karet sedang tidak bagus," ujarnya. 

"Bukannya kami tidak mau tahu urusan itu, tapi kan ini tetap hak kami yang harus dibayarkan. Toh kami sudah mengabdi mengeluarkan tenaga untuk perusahaan ini. Sedangkan kondisi perusahaan menurun kan saat ini dan kedepannya, bukan ketika kami masih bekerja," katanya.

Baca Juga: Telkom University Choir Raih Juara Dua Pesparawi Mahasiswa Nasional

Ia berharap jika Kang Dadang Supriatna terpilih menjadi Bupati Bandung nanti bisa membantu memediasi dan memberikan jalan keluar atas keluhan-keluhan mereka  selama ini.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x