Kapolri Pertama Dianugerahi Pahlawan Nasional, Ini yang Dikatakan Kadiv Humas Polri

- 10 November 2020, 11:14 WIB
Jenderal Polisi Purnawirawan Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo yang merupakan Kapolri pertama dari domisili DKI Jakarta.
Jenderal Polisi Purnawirawan Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo yang merupakan Kapolri pertama dari domisili DKI Jakarta. /

GALAMEDIA - Keluarga Kepolisian Republik Indonesia (Polri) merasa bangga dengan dianugerahkannya gelar pahlawan nasional kepada Jenderal Pol Raden Said (R.S.) Soekanto Tjokrodiatmodjo.

"Polri beserta segenap keluarga besar sangat bangga atas dianugerahkannya gelar pahlawan nasional kepada Jenderal Pol Raden Said Soekanto," kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono di Jakarta, Selasa, 10 November 2020.

Menurut dia, Jenderal Soekanto adalah sosok Kapolri yang berperan meletakkan struktur dasar, watak dan falsafah Kepolisian RI.

Baca Juga: Ridwan Kamil: AMS Harus Lebih Bermanfaat Bagi Masyarakat, Bangsa dan Negara

"Pemikiran dan tindakan R.S. Soekanto dalam meletakkan fundamen struktur, watak, falsafah sebagai bangunan Kepolisian Nasional yang dibutuhkan bagi sebuah negara merdeka dan berdaulat di tengah ancaman terhadap integritas RI di masa revolusi, perang, dan pergolakan internal dalam negeri merupakan remembered history," tutur Argo.

Keberadaan sosok R.S. Soekanto sebagai tokoh bangsa ini menurut dia, tampak jelas dari pergumulannya dengan lingkungan diri dan dialognya dengan sejarah.

"Kehadiran Soekanto telah membawa warna dan pengaruh yang harus diingat dan dicatat sebagai bagian dari perjalanan sejarah bangsa Indonesia," kata Argo.

Baca Juga: Liga Ditunda Hingga Tahun Depan, Luiz :Ini Tidak Baik Bagi Pemain 

Pada Selasa, bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan, Presiden Joko Widodo akan menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada sejumlah tokoh termasuk Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo, Kepala Kepolisian RI (Kapolri) pertama.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X