Fadli Zon Dukung Lahirnya Provinsi Sunda: Usulkan ke DPR RI

- 10 November 2020, 18:46 WIB
Anggota DPR RI, Fadli Zon mendukung perubahan nama Jawa Barat menjadi Provinsi Sunda. (Rio Ryzki Batee/Galamedia)
Anggota DPR RI, Fadli Zon mendukung perubahan nama Jawa Barat menjadi Provinsi Sunda. (Rio Ryzki Batee/Galamedia) /

GALAMEDIA - Anggota Komisi I DPR RI, Fadli Zon mengatakan, di era globalisasi saat ini identitas masyarakat dinilai sangat penting.

Sehingga ia mendukung perubahan nama Jawa Barat menjadi Provinsi Sunda maupun Sumatera Barat menjadi Provinsi Minangkabau.

"Di era globalisasi saat ini, identitas-identitas kecil sangat penting dan kembali pada jati diri sendiri," ungkapnya usai Kongres Sunda di Perpustakaan Ajip Rosidi, Jln. Garut, Kota Bandung, Selasa 10 November 2020.

Baca Juga: Politisi PDIP Ungkit Nama Cikeas, Umbar Susunan Acara Habib Rizieq Setibanya di Indonesia

Menurutnya usulan atau aspirasi pengunaan nama Pasundan dan Sunda untuk Jawa Barat, merupakan hal yang wajar. Bahkan dianggap dapat memperkuat kebhinekaan di Indonesia, mengingat ada sejumlah provinsi yang menggunakan nama suku etnis tertentu.

Berdasarkan sisi sejarah atau historis, ujar Fadli, mayoritas penduduk di Jawa Barat merupakan masyarakat Sunda.

Serta banyak keistimewaan-keistimewaan di masa lampau, yang pengaruhnya hingga daerah-daerah yang kini masuk secara administratif bagian dari Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga: Dukung Jabar Berubah Jadi Provinsi Sunda, Fadli Zon: Sejarahnya Sudah Cukup Tua

"Saya kira perlu dimusyawarahkan dan didialogkan, dan masyarakat Betawi tidak ada masalah, begitu juga Cirebon, karena adanya percampuran budaya. Sehingga usulan ini wajar, seperti di United Kingdom ada English, Wales, Scotland, kalau di kita ada Aceh, Bali dan lain sebagainya," tuturnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x