Politisi PDIP Bedi Budiman Perjuangkan Mama Kudang Jadi Pahlawan Nasional

- 10 November 2020, 21:07 WIB
Kolase foto KH Muhamad Soedja'i atau Mama Kudang (kiri) dan politisi PDIP Bedi Budiman. (ist)
Kolase foto KH Muhamad Soedja'i atau Mama Kudang (kiri) dan politisi PDIP Bedi Budiman. (ist) /

GALAMEDIA - Bertepatan dengan momen peringatan Hari Pahlawan, politisi PDI Perjuangan (PDIP), Bedi Budiman mengeluarkan usulan yang perlu didukung oleh masyarakat.

Bedi memperjuangkan tokoh ulama asal Tasikmalaya, KH Muhamad Soedja'i atau dikenal dengan sebutan Mama Kudang untuk menjadi Pahlawan Nasional.

Usulan Bedi itu bukan tanpa alasan. Menurut Bedi, peran Mama Kudang dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia sangat besar sehingga layak untuk mendapat gelar Pahlawan Nasional.

Baca Juga: Juru Runding Palestina Tutup Usia Karena Covid-19

"Peran ulama, santri dan tokoh Islam dalam perjuangan menegakkan kedaulatan bangsa dan negara Indonesia sangat besar. Salah satunya adalah ulama kharismatik asal Tasikmalaya, Mama Kudang," terang Bedi, Selasa 10 November 2020.

Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat ini menerangkan, dalam sejarahnya Mama Kudang pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Konstituante Sementara Indonesia. Mama Kudang, juga memiliki peran penting baik secara nasional maupun lokal demi memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Tak cuma itu, sejarah juga mencatat Mama Kudang pernah menjadi bagian dari Serikat Islam, Masyumi dan anggota Konstituante MPRS.

"Mama Kudang merupakan ulama besar pada zamannya yang merupakan generasi kedua estafet penyebaran Islam di Tasikmalaya dan tatar Sunda. Hubbul Wathan Minal Iman," papar Bedi yang juga merupakan jebolan salah satu Ponpes di Tasikmalaya.

Baca Juga: Animo Kembali Meningkat, Lintas Shuttle Buka Cabang Baru di Jakarta Selatan

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X