Harus Didukung Bukti yang Kuat, para Tokoh Republik Dukung Trump Gugat Kemenangan Biden

- 11 November 2020, 06:24 WIB
Calon Presiden Petahana Amerika Serikat Donald Trump. *
Calon Presiden Petahana Amerika Serikat Donald Trump. * /

GALAMEDIA - Para tokoh Partai Republik di Kongres untuk saat ini menyatakan mendukung upaya Presiden Donald Trump menggugat kemenangan Presiden terpilih Joe Biden. Tetapi Trump harus segera menyajikan bukti kuat atau kalau tidak mengurungkan gugatan itu.

Sejumlah senator dari Partai Republik sudah mengakui kemenangan Biden. Lebih banyak lagi yang belum mengakuinya tetapi mereka ini disebut-sebut sudah mencapai batas kesabarannya dalam memberi kesempatan Trump mengajukan gugatan.

Senator Rob Portman dari Ohio, negara bagian yang dengan mudah dimenangkan Trump pekan lalu, menyatakan Biden sudah cukup unggul untuk dinyatakan memenangkan pemilu "dan tim kampanye Presiden Donald Trump harus memberikan bukti yang mendukung tuduhan adanya kecurangan pemilu."

Baca Juga: Joe Biden Dapat Ucapan Selamat dari Presiden Turki, Erdogan : Terimakasih Trump

Portman menambahkan bahwa dia berharap pihak negara bagian dan pengadilan menempuh langkah yang efisien dalam mengatasi masalah ini.

Tetapi, menurut Reuters, yang terjadi di belakang layar, sejumlah senator malah berkata lebih eksplisit lagi.

"Saya kira tujuannya di sini adalah memberi ruang kepada presiden dan tim kampanyenya untuk menunjukkan memang ada bukti riil yang mendukung klaim kecurangan pemilu. Jika memang ada bukti, maka mereka harus secepatnya memperkarakan. Jika tidak ada, kita semua lupakan saja," kata seorang pembantu senior Republik di Senat.

Baca Juga: Bikin Arab Saudi Terkejut, Habib Rizieq Perlihatkan Dokumen Perjanjiannya dengan BIN

Pembantu senior kedua menyatakan kebanyakan senator Republik memang mendukung hak Trump untuk tak mau mengakui kekalahan tetapi tidak mendapatkan pembuktian mengejutkan apa pun. "Pada titik tertentu ini harus diberikan. Dan saya beri waktu satu atau dua pekan."

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x