Fadli Zon Desak Kemenlu RI Copot Agus Maftuh Abegebriel Dari Jabatan Dubes RI untuk Arab Saudi

- 11 November 2020, 08:27 WIB
Anggota DPR RI, Fadli Zon mendukung perubahan nama Jawa Barat menjadi Provinsi Sunda. (Rio Ryzki Batee/Galamedia)
Anggota DPR RI, Fadli Zon mendukung perubahan nama Jawa Barat menjadi Provinsi Sunda. (Rio Ryzki Batee/Galamedia) /

GALAMEDIA - Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra Fadli Zon meminta kepada Kementrian Luar Negeri (Kemenlu) agar Duta Besar (Dubes) RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel dicopot dari jabatabnya.

Soalnya perwakilan negara di luar negeri yang seharusnya melindungi warga negara, Agus Maftuh justru lebih banyak mengkritisi warganya sendiri seperti Habib Rizieq Shihab.

Hal tersebut diungkapkan Fadli Zon pada akun twitternya @fadlizon, Rabu 11 November 2020.

"Sbg anggota @DPR_RI Komisi 1, sy usulkan kpd @Menlu_RI agar segera menarik n mengganti Dubes RI di Saudi," ujar Fadli Zon.

Baca Juga: Donald Trump Tak Akui Kemenangannya, Joe Biden: Sejujurnya, Sangat Memalukan!

Dalam pandangan Fadli Zon, Agus Mahftuh Abegebriel tidak menjalankan tugas utamanya sebagai Dubes yakni melayani, melindungi, dan membela warga RI di negara tersebut.

Padahal, Agus Maftuh telah bertugas di Arab Saudi selama 5 tahun lebih.

Yang terjadi, kata Fadli Zon, Agus Mahftuh justru selalu menunjukkan kedengkian atau  selalu berkomentar miring atau terhadap Habib Rizieq Shihab.

Sementara itu, Agus Maftuh sebelumnya juga pernah dituntut untuk dipecat oleh aktivis Front Pembela Islam (FPI).

Terkait tuntutan tersebut, Agus Maftuh mengatakan dirinya memang akan segera kembali pulang ke Tanah Air karena sudah lima tahun bertugas di Arab Saudi.

Dia malah merasa dirinya sebagai dubes terlama yang pernah ditugaskan di Arab Saudi. Karena itu, tanpa dipecat pun tak lama lagi Agus Maftuh akan pulang ke Indonesia.

Terkait kepulangan Rizieq Shihab ke Tanah Air, Agus Maftuh Abegebriel menegaskan, Pemerintah Indonesia tidak pernah menghalangi kepulangan pemimpin FPI tersebut.

"Pemerintah Indonesia tidak pernah menghalangi kepulangan MRS (Muhammad Rizieq Shihab). Empat tiket (pesawat) Saudia juga sudah ada," kata Agus.

Baca Juga: Mengejutkan, Mike Pompeo Nyatakan Presiden AS Donald Trump Bakal Tetap Berkuasa

Mengenai kepulangan Rizieq, Agus pun mengucapkan selamat kembali ke Tanah Air dan berkumpul kembali dengan para santri. Selama ini HRS tidak pernah mengadu ke Kedutaan Besar RI (KBRI) Riyadh.

Ia mengatakan, sejak kasus yang membelitnya di Arab Saudi, Rizieq tak pernah datang ke KBRI Riyadh maupun KJRI Jeddah.

"Bagaimana KBRI bisa bantu? MRS juga tidak pernah mengadukan ke KBRI Riyadh sejak awal kasusnya bergulir," ujar Agus.

Padahal, kata dia, jarak dari Mekkah ke KBRI Riyadh juga tidak terlalu jauh. Hanya 1.000 kilometer dari KBRI Riyadh dan 100 kilometer ke KJRI Jeddah.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x