Iis Edhy Prabowo Dorong BNPB dan BMKG Siaga Penuh Hadapi Fenomena La Nina

- 12 November 2020, 09:37 WIB
Iis Edhy Prabowo
Iis Edhy Prabowo /Ziyan M Nasyit/

GALAMEDIA - Anggota Komisi V DPR RI, Iis Edhy Prabowo mendorong Basarnas, BNPB, dan BMKG untuk siaga penuh terkait dengan fenomena La Nina. Ia menyarankan agar menggunakan anggaran untuk kepentingan yang paling utama, yaitu mengutamakan keselamatan jiwa manusia.

“Contohnya adalah bagaimana caranya masyarakat bisa tahu dan bisa bersiap-siap ketika bencana itu datang,” kata Iis saat ditemui di Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis 12 November 2020.

Iis mendorong agar ada sistem atau program, yang tidak hanya berisi tentang peringatan saja. Tapi bagaimana caranya agar masyarakat bisa siap dalam menghadapi bencana.

Baca Juga: Habib Rizieq: Bebaskan Ustadz Abu Bakar Ba'asyir, Habib Bahar bin Smith, Syahganda Nainggolan ...

“Setidaknya masyarakat itu tidak sampai habis-habisan terkena bencana, karena diperingati lebih dahulu, minimal meminimalisasi,” ujarnya.

Namun demikian, Politisi Partai Gerindra itu meyakini Basarnas dan BNPB pastinya telah membuat berbagai program peringatan pada masyarakat. Paling tidak, untuk meminimalisasi dampak bencana yang kemungkinan menimpa masyarakat. Karena memang untuk meniadakan atau menghilangkan bencana sangat tidak mungkin.

Selanjutnya, terkait dengan penanganan pandemi Covid-19, Iis meyakini BNPB sudah membuat daftar tindakan yang akan dilakukan. Intinya, agar pandemi Covid-19 ini tidak menyebar secara luas. Di antaranya adalah membuat aturan tidak berkerumun di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Dua Pesawat Bertabrakan di Langit India, 349 Orang Meninggal Dunia pada 12 November 1996

“Juga peraturan kapan waktu yang baik atau kapan waktu yang memang seharusnya masyarakat itu berkerumun. Dengan waktu yang sebentar dan juga pastinya dengan protokol kesehatan yang memang harus tepat. Dan saya yakin juga setiap tempat yang mengadakan suatu acara, jika memang itu keluar dari aturan, maka mereka itu pasti akan dikenakan sanksi," tuturnya.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x