Begini Sikap Terbaru China Soal Laut China Selatan, Masyarakat Internasional Wajib Tahu

- 12 November 2020, 17:32 WIB
Jajaran armada perang Amerika saat berlatih di laut, Chine percaya jika AS tidak akan merencanakan menyerang mereka di Laut China Selatan.
Jajaran armada perang Amerika saat berlatih di laut, Chine percaya jika AS tidak akan merencanakan menyerang mereka di Laut China Selatan. /Petty Officer 2nd Class Erica Be/USS RONALD REAGAN (CVN 76)

GALAMEDIA - Perdana Menteri China Li Keqiang mengeluarkan pernyataannya mengenai status Laut China Selatan.

Menurut Li, kawasan itu merupakan rumah bersama bagi negara-negara di kawasan itu.

"Situasi di Laut China Selatan secara keseluruhan stabil," kata PM Li dalam Konferensi Tingkat Tinggi ke-23 ASEAN-China yang digelar secara virtual, Kamis, 12 November 2020.

Baca Juga: Viral Video Pungli di Jembatan Bailey Cipatujah, Mobil yang Melintas Dimintai Rp 50 Ribu

Mengingat kepentingan yang lebih besar, kata Li, China dan negara-negara ASEAN telah meningkatkan kerja sama di segala bidang dan secara aktif mengatasi segala perbedaan yang ada.

"China tetap memegang erat komitmennya dalam menyelesaikan COC (Kode Etik Para Pihak di Laut China Selatan)," terang dia dalam keterangan tertulisnya kepada Antara di Beijing.

Baca Juga: Habib Rizieq Ingin Rekonsiliasi dengan Jokowi, Moeldoko: Tidak Perlu

Dengan begitu, menurut Li, China dan negara-negara ASEAN bisa menunjukkan kepada masyarakat internasional atas kemampuannya mengelola situasi di Laut China Selatan dengan baik, demi terjaganya stabilitas dan perdamaian di kawasan.

China mempertimbangkan penyelenggaraan pertemuan konsultatif sesegera mungkin setelah pandemi Covid-19 mereda. Selama masa pandemi, kemitraan ASEAN-China makin meningkat.

Baca Juga: Kutu Kemaluan Bisa Menyerang Siapa Saja, Ini Gejala dan Cara Menghindarinya

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x