Evaluasi Penanganan Covid-19 di Jabar: Ada Kenaikan Kasus Tapi Tak Setinggi Libur Panjang

- 13 November 2020, 13:35 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengikuti rapat bersama Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhur Binsar Pandjaitan melalui konferensi video dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis 12 November 2020. (Foto: Aldien/Humas Jabar)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengikuti rapat bersama Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhur Binsar Pandjaitan melalui konferensi video dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis 12 November 2020. (Foto: Aldien/Humas Jabar) /

GALAMEDIA - Kasus positif Covid-19 di Jawa Barat saat dua minggu pascalibur panjang Maulid Nabi SAW 28 Oktober hingga 1 November 2020, mengalami kenaikan. Namun penambahannya tidak setinggi liburan panjang Agustus 2020. 

“Ini menandakan protokol kesehatan 3M dan pembatasan di destinasi wisata itu dilakukan dengan baik,” ujar Gubernur Jabar Ridwan Kamil usai rapat bersama Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhur Binsar Pandjaitan melalui konferensi video dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis 12 November 2020.

 Menurut Kang Emil sapaan Ridwan Kamil, kenaikan kasus setelah libur logis sebagai konsekuensi aktivitas warga. Tapi, menurutnya, yang patut disyukuri penting terjadi penurunan tren.

Baca Juga: Soroti Ketidakadilan di Indonesia, AHY Klaim Memiliki Kesamaan Visi dengan PP Muhammadiyah

Provinsi dengan banyak destinasi wisata seperti Jabar memang berisiko ada kenaikan kasus Covid-19 terutama di masa libur panjang.

“Dan memang risiko tinggi ada di kita karena penerbangan orang jarang. Sekarang orang berwisata naik sepeda motor atau mobil, dan orang Jakarta mayoritas larinya ke Jabar,” katanya.

Mengantisipasi libur Natal dan Tahun Baru akhir Desember, Kang Emil meminta pemkab/pemkot di Jabar mengantisipasi dengan merancang sistem pencegahan terintegrasi di tempat-tempat wisata dan pintu masuk daerah.

Baca Juga: ARMY Dijamin Meleleh, Tampil Memukau di WSJ-Magz Ini Ungkapan Perasaan Terdalam BTS

“Hati-hati dan perbaiki (protokol kesehatan dan pembatasan pengunjung wisata), karena libur panjang akan hadir di bulan Desember,” pintanya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x