Selama Pandemi, Warga Kota Bandung Diminta Lakukan Urban Farming Antisipasi Kerawanan Pangan

- 13 November 2020, 14:44 WIB
Urban Farming di reruntuhan Tamansari Bandung
Urban Farming di reruntuhan Tamansari Bandung /Retno/job/

GALAMEDIA - Untuk memperkuat ketahanan pangan, Warga Kota Bandung diminta melakukan program pertanian urban atau urban farming guna mengantisipasi kerentanan pangan.

Ajakan itu dilontarkan Wali Kota Bandung, Oded M Danial di Kota Bandung, Jumat 14 November 2020.

Dikatakan Mang Oded -sapaan akrabnya- Kota Bandung memang wilayah metropolitan yang tidak memiliki luas tanah cukup untuk menjadi wilayah pertanian. Sehingga urban farming di sekitar tempat tinggal bisa menjadi solusi ketahanan pangan masyarakat.

Baca Juga: Tim Patroli Temukan Angrek Jenis Kantung Semar Merah dan Kotoran Matul di CA Gunung Tilu

"Ketahanan pangan itu bisa lakukan dengan cara mengajak warga ber-urban farming seperti ternak ikan dan sebagainya," kata Oded.

Oded menjelaskan, komoditas pangan yang bisa dibudidayakan dalam urban farming itu seperti cabai rawit, kangkung, dan tomat.

Terlebih lagi di masa pandemi Covid-19, urban farming menjadi strategi yang baik untuk menjaga ketahanan pangan dalam keluarga.

Baca Juga: Mau Hilangkan Rasa Malas, Ini Doa yang Diajarkan Rasulullah

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar mengatakan Kota Bandung memiliki kerentanan terhadap ketersediaan pangan. Karena, kata dia, Kota Bandung bukan merupakan wilayah produsen pangan.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x