Pembentukan DOB di Jawa Barat Sebuah Kebutuhan Mutlak yang Harus Direalisasikan Pemerintah

- 13 November 2020, 15:04 WIB
ILUSTRASI otonomi daerah.*/ANTARA
ILUSTRASI otonomi daerah.*/ANTARA /

 

GALAMEDIA - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Barat (DPRD Jabar) Syahrir mengatakan daerah otonomi baru (DOB) di Provinsi Jabar merupakan sebuah kebutuhan mutlak yang yang harus direalisasikan oleh pemerintah.

"Tujuannya untuk mengoptimalkan pelayanan masyarakat dan tata kelola pemerintahan. Lalu pemekaran wilayah di Jabar juga untuk mengembangkan potensi daerah, termasuk ekonominya, sehingga akan menyukseskan pembangunan Jabar," kata Syahrir di Bandung, Jumat, 14 November 2020.

Dikatakannya, pada beberapa tahun yang lalu, Pemprov Jabar telah mempersiapkan tiga calon DOB yang meliputi Bogor Barat, Garut Selatan, dan Sukabumi Utara namun belum jelas perkembangan pembentukannya hingga saat ini.

Baca Juga: Arie Untung Bikin Heboh, Kenalkan Istri Mudanya di Instagram, Netizen: So Sweet

Menurutnya, saat ini dengan luasnya wilayah dan jumlah penduduk Jabar yang besar, maka percepatan pembentukan DOB harus segera dilakukan dan hal tersebut dilakukan untuk, lebih mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat.

"Jadi DOB ini dimaksudkan untuk mendekatkan pelayanan publik, agar masyarakat mendapatkan pelayanan yang lebih dekat," kata politisi dari Fraksi Partai Gerindra ini.

Sebelumnya Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dalam web seminar Universitas Paramadina "The Implementation of Regional Economy in West Java" pada 14 Oktober 2020, menyatakan bahwa pemekaran wilayah menjadi salah satu solusi dalam upaya meningkatkan pembangunan daerah di Jabar.

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Ibu Hamil Makan Makanan Pedas Dapat Memicu Keguguran

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengatakan secara ekonomi dalam pemerintahan terdapat ketidakadilan fiskal terhadap Jabar dari pemerintah pusat. Hal ini berpengaruh terhadap pelayanan publik dan penggerakan ekonomi.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x