Wapres Ma'ruf Amin Dorong Pengembangan Riset Industri Halal Dalam Negeri

- 14 November 2020, 10:34 WIB
Ma'ruf Amin
Ma'ruf Amin /ist

 

GALAMEDIA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendorong pengembangan riset tentang penyelenggaraan industri halal sehingga dapat menjadi dasar kuat bagi Indonesia untuk memiliki produk-produk halal dalam negeri yang berdaya saing tinggi.

Keberhasilan industri produk halal di Indonesia sangat tergantung pada kemampuan dalam mengembangkan produk-produk bermanfaat, diminati pasar dan bernilai komersial tinggi, kata Ma’ruf Amin saat membuka web seminar Konferensi Halal Internasional yang diselenggarakan Universitas Gajah Mada (UGM) secara virtual, Sabtu, 14 November 2020.

“Tanpa riset yang kuat, kita sulit untuk bersaing; apalagi mampu menguasai pasar halal dunia,” kata Ma’ruf Amin dalam pidato kuncinya dari Jakarta.

Baca Juga: Oded Minta 3M dan 1T Harus Jadi Budaya Baru Masyarakat

Salah satu sektor riset yang dapat dijadikan sebagai langkah strategis dalam pengembangan industri halal di dalam negeri ialah penelitian sains tentang bahan dan material halal, sehingga Indonesia dapat mengurangi impor bahan non-halal untuk industri dalam negeri.

“Salah satu langkah strategis tersebut adalah memperkuat riset bahan dan material halal untuk industri serta melaksanakan substitusi atas bahan non-halal material industri impor, dengan bahan material halal industri dari dalam negeri,” katanya.

Penelitian sains tersebut, lanjut Ma’ruf, harus mengutamakan pada penyediaan material pengganti atau substitusi terhadap bahan non-halal yang selama ini menjadi ketergantungan industri kosmetik, obat-obatan, vitamin kesehatan, makanan dan minuman di Indonesia.

Baca Juga: Ronaldo Dipanggil TC Timnas U-16, Bima Sakti: Ingin Jajal Kemampuan Pemain Persib

“Penelitian yang ada sebaiknya tidak hanya berfokus pada pendeteksian material non-halal sebagai penunjang proses sertifikasi, namun juga berfokus pada mencari material pengganti dari material non-halal yang saat ini banyak menjadikan ketergantungan industri,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x