Trump Tegaskan Vaksin Virus Corona Harus Tersedia April 2021 untuk Seluruh Wilayah

- 14 November 2020, 11:20 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump.
Presiden Amerika Serikat Donald Trump. /

GALAMEDIA - Presiden AS, Donald Trump, pada Jumat, mengatakan bahwa dia mengharapkan vaksin virus corona tersedia untuk seluruh penduduk pada April 2021, di tengah himpitan infeksi baru penyakit mematikan yang telah mendorong jumlah kasus harian ke rekor tertinggi.

Dalam sambutan publik pertamanya setelah kekalahannya dalam pemilihan umum dari penantang Demokrat Joe Biden, Trump juga mengatakan dia mengharapkan otorisasi penggunaan darurat untuk vaksin Pfizer "segera."

Pfizer mengatakan akan melaporkan data keamanan yang diperlukan pekan depan dan kemudian dapat mengajukan permohonan otorisasi penggunaan darurat.

Baca Juga: FPI Serukan Stop Norak! Habib Rizieq Pertegas: Siapapun yang Ngaku Bantu Saya Pulang Bohong Besar

Pernyataan itu muncul setelah Trump menerima pembaruan tentang 'Operation Warp Speed,' upaya pemerintah untuk mempercepat pengembangan vaksin.

Kritik terhadap tanggapan pemerintah terhadap virus, yang telah menewaskan lebih dari 235.000 orang Amerika, menjadi seruan bagi Demokrat menjelang pemilihan umum 3 November.

Jaringan di AS telah menyatakan Biden sebagai pemenang pemilihan presiden, tetapi Trump, yang menolak untuk menyerah, telah meluncurkan serangkaian tantangan hukum berdasarkan klaim penipuan yang tidak berdasar.

Baca Juga: Gol Roberto Firmino Bawa Brazil Raih 100 Persen Kemenangan Sempurna

Pada hari Jumat, Trump tampaknya mengakui kemungkinan pemerintahan Biden yang akan datang.

"Idealnya, kami tidak akan melakukan karantina wilayah. Saya tidak akan pergi, administrasi ini tidak akan melakukan lockdown," katanya dalam pidato di Rose Garden.

"Mudah-mudahan, apa pun yang terjadi di masa depan - siapa yang tahu pemerintahan mana yang akan terjadi. Saya kira waktu akan menjawabnya," tambahnya.

Baca Juga: Gaet Selera Muda, Ini Dia Empat Warna Baru Yamaha Mio M3

(Reuters)

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x