Pilpres Amerika Serikat, 306 Suara untuk Biden dan 232 Suara untuk Trump

- 14 November 2020, 11:54 WIB
Dua calon dalam Pilpres AS 2020, Donald Trump dan Joe Biden.
Dua calon dalam Pilpres AS 2020, Donald Trump dan Joe Biden. /


GALAMEDIA - Kemenangan Joe Biden sebagai Presiden terpilih Amerika Serikat semakin kentara. Biden memperkuat kemenangannya dalam electoral vote dengan angka 306 lawan Trump 232 suara. Dalam persentase, Biden mendapatkan 50,8 persen sedangkan Trump 47,4 persen.

Edison Research juga memproyeksikan bahwa North Carolina, satu-satunya negara bagian yang menjadi medan pertempuran lainnya dengan penghitungan suara yang luar biasa, akan dimenangkan oleh Trump.

Hasil penghitungan di North Carolina itu akan menyelesaikan penghitungan suara elektoral pada jumlah akhir menjadi 306 untuk Biden dan 232 untuk Trump.

Baca Juga: Olahraga Angkat Beban Bagi Pria, Ini Ragam Manfaatnya, Salah Satunya Meningkatkan Hormon Testosteron

Angka-angka tersebut menandai kekalahan telak atas Trump di Electoral College, sama dengan 306 suara yang dimenangkan Trump, seorang Republikan, untuk mengalahkan Hillary Clinton, pada kemenangan pilpres 2016.

Dan hasil ini diprediksi akan menjadi kemenangan final untuk Biden melawan Trump sebagai Presiden AS.

CNN Projects menuliskan bahwa 20 suara elektoral dari Pennsylvania akan menempatkan Joe Biden sebagai Presiden AS ke 46 dengan perolehan angka lebih dari 270 suara yang dibutuhkan untuk menang.

Baca Juga: Joe Biden Menang di Negara Bagian Georgia, Trump Isyaratkan Pergi dari Gedung Putih

Biden juga mendobrak tradisi di mana partainya, Demokrat berhasil menang di Arizon untuk pertama kalinya sejak 1996. Mengutip CNN, Biden berhasil memenangkan pertarungan dengan 11 electoral votes di Arizona.

Selain Arizona, Joe Biden unggul dalam pemilihan presiden (pilpres) di negara bagian Georgia. Biden merupakan calon dari Partai Demokrat pertama yang menang di Georgia sejak kemenangan Bill Clinton pada 1992 lalu atau 28 tahun silam.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x