Jokowi Saat Membuka MTQ Nasional 2020: Saya Yakin dengan Pertolongan Allah SWT

- 14 November 2020, 21:59 WIB
Presiden RI Joko Widodo membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional ke-28 Tahun 2020 secara virtual, yang digelar di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.  (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden RI Joko Widodo membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional ke-28 Tahun 2020 secara virtual, yang digelar di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden) /

GALAMEDIA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional ke-28 Tahun 2020 secara virtual yang digelar di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Dalam sambutannya, Presiden menyebut bahwa penyelenggaraan MTQ merupakan wujud keinginan kuat untuk membumikan ajaran Alquran serta menegakkan syiar Islam untuk memperkokoh nilai-nilai agama dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat dan berbangsa.

"Bagi kaum Muslimin, Alquran merupakan sumber petunjuk dan pedoman hidup yang aktual sepanjang masa, berisi nilai-nilai luhur universal yang sejalan dengan fitrah manusia yang hanif," ujar Jokowi ditayangkan pada kanal YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu 14 November 2020.

Baca Juga: Ramai Tagar #IndonesiaTerserah, Kasus Positif Covid-19 Jakarta Bertambah 1.255

"Alquran mengajak semua manusia untuk bekerja sama dalam ketakwaan dan kebaikan," lanjutnya.

Jokowi menambahkan, dalam mengamalkan ajaran Alquran, sudah sepatutnya umat Islam meneladan pribadi Nabi Muhammad SAW. Yaitu kepribadian dengan kemuliaan akhlak yang bersumber dari Alquran, menebarkan kasih sayang, dan menjauhkan diri dari perkataan serta perbuatan yang menyakiti sesama.

"Kita semua sebagai umatnya harus meneladan kemuliaan akhlak Nabi Muhammad tersebut," kata Jokowi.

Dalam MTQ ini akan tampil qari-qariah, hafiz-hafizah dan mufassir-mufassirah terbaik dari seluruh Indonesia.

Presiden jokowi memandang para peserta sebagai generasi muda yang siap berkompetisi secara sehat, berlomba meraih prestasi, serta berkontribusi dalam membangun kualitas sumber daya umat yang unggul, kompetitif, dan berkarakter Islami sebagaimana akhlak Rasulullah.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x