Gempa Guncang Kabupaten Bandung, BMKG Sebut Ini yang Harus Disiapkan Sebelum Terjadi

- 15 November 2020, 12:52 WIB
ILUSTRASI gempa bumi. //PRFM//
ILUSTRASI gempa bumi. //PRFM// /desy/jurnal garut



GALAMEDIA - Kabupaten Bandung diguncang gempa bumi berkekuatan 3.0 magnitudo, Minggu 15 November 2020 pukul 06.01.11 WIB. Pusat gempa berada 15 km di arah Barat Daya Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Dari data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat gempa berada pada titik koordinat 7.16 LS, 107.50 BT dengan kedalaman 14 km.

Hal ini diinformasikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika melalui akun Twitternya @infoBMKG pada Minggu,15 November 2020.

 

Baca Juga: Kegiatan Habib Rizieq, Dokter Tirta Pertanyakan Ketegasan Satgas Covid-19 DKI Jakarta dan BNPB

Indonesia menjadi tempat di mana gempa bumi kerap kali terjadi. Oleh sebab itu, Anda diharuskan mengetahui beberapa hal untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan pada saat gempa terjadi.

Untuk itu, Pikiran-rakyat.com "Kabupaten Bandung Diguncang Gempa Minggu Pagi, Terasa di Rancabali" telah membuat beberapa hal yang harus dilakukan sebelum, gempa bumi terjadi sebagaimana dilaporkan BMKG.

Jika berada di rumah, pastikan untuk melihat struktur dan letak rumah Anda dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan gempabumi longsor, liquefaction dan lain-lain.

Baca Juga: Bagi-bagi Masker dan Handsanitizer di Acara Habieb Rizieq, Ini Alasan Satgas Penanganan Covid-19

ketika di lingkungan kerja atau di luar, selalu perhatikan pinti, lift serta tangga darurat, apabila terjadi gempabumi, sudah mengetahui tempat paling aman untuk berlindung.

Pelajari P3K, alat pemadam kebakaran, dan selalu simpan nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi gempa bumi.

Seperti, perabotan yang menempel di dinding diusahakan agar dipaku, diikat, menghindari jatuh, roboh, bergeser pada saat terjadi gempabumi.

Baca Juga: LINK LIVE STREAMING, Saksikan MotoGP Valencia Minggu 15 November 2020

Setelah itu, pisahkan bahan yang mudah terbakar pada tempat yang tidak mudah pecah agar terhindar dari kebakaran.

Terakhir, selalu mematikan air, gas dan listrik apabila tidak sedang digunakan. Selalu simpan atau bawa kotak P3K, senter/lampu baterai, radio, makanan suplemen dan air.***(Julkifli Sinuhaji/pikiran-rakyat)

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x