Jelang MotoGP Valencia 2020: Joan Mir Dihantui Pengalaman Buruk Selangkah Raih Gelar Juara

- 15 November 2020, 18:46 WIB
Pembalap Suzuki Joan Mir berpeluang jadi juara dunia.
Pembalap Suzuki Joan Mir berpeluang jadi juara dunia. /instagram/joanmir36official/


GALAMEDIA - Pembalap Suzuki Ecstar Joan Mir memiliki pengalaman buruk menghadapi match point jelang meraih gelar juara di MotoGP Valencia 2020 di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu 15 November 2020.

Joan Mir hanya perlu meraih podium di MotoGP Valencia untuk mengukuhkan gelar juara musim ini, meski masih menyisakan satu balapan lagi yaitu MotoGP Portugal.

Meski demikian, MotoGP Valencia bisa jadi balapan yang tidak mudah bagi Mir, lantaran pembalap asal Spanyol itu punya pengalaman buruk saat menghadapi match point di Moto3.

Pada Moto3 2007, Mir yang mengoleksi 271 poin bisa juara pada musim tersebut jika meraih podium kedua di Moto3 Jepang sebagai match point pertama.

Baca Juga: Habin Rizieq Bayar Kontan Denda Rp 50 Juta, Wagub DKI Jakarta: Kami Terimakasih Kepada Habib

Akan tetapi, pada Moto3 Jepang itu Mir justru gagal meraih poin usai finis di posisi ke-17. Pesaing utama Mir ketika itu Romano Fenati jusru menang di Moto3 Jepang.

Joan Mir baru bisa mengunci gelar juara pada seri beriktunya dengan memenangi Moto3 Australia atau di match point keduanya.

Pembalap Team Suzuki Ecstar, Joan Mir.
Pembalap Team Suzuki Ecstar, Joan Mir.


Pada MotoGP Valencia kali ini, Joan Mir akan memulai balapan dari posisi ke-12. Hal tersebut bukan situasi buruk bagi pembalap 23 tahun itu untuk meraih podium atau memastikan juara pada serti ini.

Pembalap kelahiran Palma ini pernah meraih podium meski start dari luar 10 besar. Di MotoGP Emilia Romagna Joan Mir meraih podium kedua usai start dari posisi ke-11, sedangkan di MotoGP Teruel Mir meraih podium ketiga usai start dari posisi ke-12.

Baca Juga: LINK LIVE STREAMING MotoGP Valencia 2020, Balapan Segera Berlangsung

Peluang juara terbuka lantaran salah satu pesaing terdekatnya dalam perebutan gelar juara Fabio Quartararo harus start dari posisi ke-11. Kondisi Quartararo lebih buruk dari Mir karena motornya kerap bermasalah.

Meski demikian, Mir tetap perlu berhati-hati untuk tidak membuat kesalahan fatal dengan kehilangan poin jika ingin tetap juara di MotoGP Valencia 2020.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x