Cukup Satu Sendok Teh Virus Corona, 53 Juta Warga Dunia pun Terinfeksi Covid-19

- 16 November 2020, 09:25 WIB
galamedianews.com
galamedianews.com /galamedianews.com

GALAMEDIA - Sejak pandemi pecah awal tahun ini, jumlah total virus Covid-19 yang menginfeksi manusia di seluruh dunia ternyata “hanya” satu sendok teh saja.

Berdasar ukuran mikroskopisnya, virus corona yang untuk sementara telah menginfeksi  53 juta warga di berbagai negara, volume totalnya ternyata 8 ml atau atau setara 0,2 ons cairan.

Dikutip Galamedia dari DailyMail, Senin (16 November 2020) sebagai perbandingan, satu sendok teh bisa menampung 6 ml cairan.

Baca Juga: Bantah Terjadi Gelombang, BMKG: Suhu Tertinggi Hanya 37,2 Derajat Celsius

Matematikawan yang biasa tampil di layar kaca, Matt Parker menambahkan,  di ujung pandemi total virus Covid di planet Bumi diperkirakan setara dengan satu gelas likuid.

“Semua kekacauan di dunia saat ini... dipicu oleh satu sendok teh masalah,” katanya saat berbicara pada podcast A Problem Squared.

Ia menambahkan, “Partikel virus yang merupakan kode untuk menghancurkan sel lain sangat kecil. Faktanya, virus Covid-19 satu juta kali lebih kecil dari sel manusia.”

Baca Juga: Ini Doa-doa Memohon Keselamatan Keluarga

Parker, kontributor radio sains Radio 4 Infinite Monkey Cage mendasarkan   perkiraannya dari jumlah sel di setiap penderita virus atau viral load.

Viral load diketahui dari tes  usap dan penelitian yang sudah diterbitkan dalam jurnal medis The Lancet.

Dengan angka 300.000 kasus baru per hari di seluruh dunia dan dengan asumsi setiap kasus terinfeksi selama 14 hari, dia menghitung jumlah orang yang saat ini “membawa virus”.

Baca Juga: Kades Padakembang Ditemukan Tidak Bernyawa di Lahan Perhutani

Mengalikan semua metriks, Parker memperkirakan ada 3,3 juta miliar sel Covid-19 di tengah populasi manusia.

Mengingat ukurannya yang sebanding dengan panjang gelombang cahaya, virus kolektif hanya memakan sedikit ruang. Dalam kasus ini setengah sendok teh saja.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: dailymail


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x