NASA - Space X Catat Sejarah, Kirim Astronot dengan Penerbangan Komersial Milik Miliarder Nyentrik

- 16 November 2020, 15:31 WIB
Saat astronot NASA yang bertugas di ISS mengabadikan foto Bumi, kaum Bumi Datar justru tuding gambar sudah diedit.
Saat astronot NASA yang bertugas di ISS mengabadikan foto Bumi, kaum Bumi Datar justru tuding gambar sudah diedit. /Twitter.com/@Astro_Doug

GALAMEDIA - Empat astronot berhasil lepas landas dalam penerbangan komersial pertama NASA dan SpaceX yang bersejarah ke International Space Station, Minggu malam.

Para astronot, Victor Glover NASA, Michael Hopkins, Shannon Walker, dan astronot Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang Soichi Noguchi mengucapkan selamat tinggal kepada orang yang mereka cintai sebelum menaiki pesawat luar angkasa.

Baca Juga: Banyak Diprotes Kegiatan Habib Rizieq, Anies Baswedan Klaim Jauh Lebih Tegas dari Daerah Lain

Dikutip Galamedia dari DailyMail, Senin (16 November 2020) SpaceX Crew Dragon menjalankan misi Crew-1 di mana mereka akan tinggal di Stasiun Luar Angkasa Internasional selama enam bulan.

Lift-off dilakukan  pukul 7.27 EST dari Kennedy Space Center di Florida yang ditandai gelegar roket Falcon kala membelah langit di atas Samudra Atlantik.

Pukul 19.30, pemisahan terkonfirmasi, artinya Kru Naga berhasil terpisah dari roket Falcon 9 menuju ke stasiun luar angkasa.

Baca Juga: Pemilik Bingung, Hobi Makan Sekrup Ayam Ini Tak Pernah Sakit

Kapsul Naga yang berada di atas roket dan dinamai Resilience sehubungan dengan pandemi dan tantangan tahun ini, akan menghabiskan 27,5 jam di orbit dan dijadwalkan mencapai stasiun luar angkasa Senin malam hingga musim semi.

Ini menandai penerbangan operasional pertama NASA untuk Dragon Crew  SpaceX.  

NASA akan mengizinkan roket komersial untuk membawa astronot ke ke stasiun luar angkasa internasional alih-alih pesawat ruang angkasa yang dioperasikan pemerintah.

Baca Juga: Pembuatan Vaksin Covid-19 Bisa Lebih Cepat, Ini Penjelasan Guru Besar UNPAD

Misi ini juga kedua kalinya SpaceX yang dimiliki miliarder nyentrik Elon Musk, mengirim astronot ke orbit dengan kapsul Dragon dan roket Falcon.

Namun Musk yang didiagnosis 'kemungkinan besar' terjangkit  virus korona  terpaksa karantina dan digantikan Presiden SpaceX Gwynne Shotwell.

Baca Juga: Kang Emil Tidak Ingin Masyarakat Lokal hanya Jadi Penonton di Kawasan Rebana Metropolitan

Wakil Presiden Mike Pence tiba di Pusat Antariksa Kennedy NASA sekitar pukul 18.30 untuk acara khusus tersebut.

“Selamat datang di era baru penjelajahan ruang angkasa manusia di Amerika,” ujar  Pence kepada para tamu pada resepsi sebelum peluncuran. "Ini malam bersejarah," kata wakil presiden AS tersebut.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: dailymail


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x