Serukan Sholat Istisqa, Raja Arab Saudi Ajak Semua Orang Bertobat dan Mohon Pengampunan

- 17 November 2020, 14:58 WIB
Raja Salman: Raja Arab Saudi.*
Raja Salman: Raja Arab Saudi.* /Instagram.com/@kingsalman /


GALAMEDIA - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud meminta warga menggelar Sholat Istisqa untuk meminta hujan pada hari Kamis 19 November 2020.

Seruan itu disampaikan secara resmi oleh pihak Kerajaan lewat sebuah pernyataan yang dikeluarkan Saudi Press Agency, Senin 16 November 2020.

Pernyataan tersebut mengingatkan bahwa Salat Istisqa ini mengikuti amalan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

Raja Salman juga meminta semua orang untuk berdoa kepada Allah Yang Maha Kuasa, bertobat, memohon pengampunan dan rahmat.

Baca Juga: Banjir Rob Terjang DKI Jakarta, 14 Wilayah Terendam Air Laut

Sholat Istisqa adalah sholat dilakukan untuk meminta diturunkannya hujan. Sholat ini dilakukan bila terjadi kemarau panjang atau karena dibutuhkan hujan untuk keperluan atau hajat tertentu.

Hukum sholat istisqa adalah sunnah muakkad dua rakaat. Tata cara salat minta hujan ini mirip seperti Salat Id, termasuk jumlah takbir dan adanya khotbah setelah salat.

Baca Juga: Terancam Setahun Penjara Anies Baswedan Diperiksa Bersama 8 Pejabat, Satu Tak Jadi Karena Reaktif

Sholat Istisqa dikerjakan Nabi Muhammad SAW empat tahun sebelum beliau wafat. Ketika itu hampir satu tahun di wilayah Madinah dilanda kekeringan, umat Islam kesusahan sehingga meminta Rasulullah agar berdoa kepada Allah untuk menurunkan hujan.***

Editor: Dicky Aditya


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x