Soal Pemerintah Pusat dan DKI Jakarta, Refly Harun: Selalu Panas, Saling Sindir dan Saling Kritik

- 18 November 2020, 17:13 WIB
Jokowi dan Anies Baswedan.
Jokowi dan Anies Baswedan. /BPMI Setpres/Lukas/PPID Jakarta



GALAMEDIA - Pemerintah pusat akhir-akhir ini terkesan tengah bersaing dengan pemerintah daerah, khususnya Pemprov DKI Jakarta. Lebih khusus lagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Penilaian tersebut disampaikan pakar hukum tata negara, Refly Harun dalam tayangan video pada kanal YouTube Refly Harun, Selasa 17 November 2020.

“Kalau kita membicarakan tentang DKI dan pemerintah pusat ini seperti hubungan yang api dalam sekam. Selalu panas, saling sindir, saling kritik, rasanya begitu. Paling tidak, ya bisa kita kita ikuti dari media,” ucap Refly dalam tayangan video tersebut.

Refly menilai adanya rivalitas atau persaingan antara Presiden Jokowi dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Ahli hukum tata negara, Refly Harun menyoroti Anies Baswedan yang saat ini dalam posisi yang sulit.
Ahli hukum tata negara, Refly Harun menyoroti Anies Baswedan yang saat ini dalam posisi yang sulit. YouTube/ Refly Harun


Padahal, Menurut Refly, persaingan antara Kepala Negara dan Kepala Daerah sesungguhnya tidak sebanding. Soalnya, Gubernur merupakan bawahan dari Presiden.

Bukan itu saja, dia mengatakan persaingan juga terjadi di kalangan para pendukung kedua belah pihak.

“Aneh juga kalau tiba-tiba Gubernur DKI menjadi sasaran kritik mereka yang mencintai presiden misalnya,” ungkap Refly.

Baca Juga: Tips Handal Membuat PIN ShopeePay yang Aman untuk Menjaga Keamanan Akun

Dia memberi contoh adanya Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai yang sering mengkritik Anies. Padahal, kata dia, DPP sebanding dengan anggota DPR, Presiden, maupun Menteri yang levelnya nasional.

Jika memang ingin mengkritik pemerintah provinsi yang di sini ditujukan kepada DKI Jakarta, Refly mengungkapkan akan setara dengan DPRD DKI atau kantor-kantor daerah.

Meski demikian, dia tak menampik bahwa kritik juga merupakan salah satu partisipasi bentuk kita sebagai warga negara selain juga membantu negara.

Baca Juga: Habib Rizieq Bersama Ratusan Ulama Bakal Hadiri Dialog Nasional 2 Desember

Pernyataan ini disampaikannya melihat perseteruan terbaru antara pemerintah pusat dan juga pemerintah DKI terkait dengan kerumunan pada acara pernikahan putri Habib Rizieq Shihab sekaligus Maulid Nabi Muhammad SAW di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta, Sabtu 14 November 2020.***

Editor: Dicky Aditya

Sumber: YouTube


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x