Naik Zona Merah, Bupati Bandung : Hati-hati pada Warga Pendatang

- 18 November 2020, 19:06 WIB
/

GALAMEDIA - Provinsi Jawa Barat menetapkan tujuh daerah yang naik statusnya menjadi zona merah penyebaran Covid 19. Salah satunya Kabupaten Bandung.

Menyikapi hal tersebut, Bupati Bandung, Dadang M. Naser mengaku kecolongan dengan adanya klaster Covid-19 di Kabupaten Bandung. Hal tersebut membuat status keterpaparan Covid-19 di Kabupaten Bandung meningkat menjadi zona merah.

"Pertama ada peningkatan di kluster pesantren, dimana ada dua pesantren di Kabupaten Bandung yang kena. Dan juga ada kluster keluarga yang tersebar," ujar Dadang saat diwawancarai di Gedung Mochamad Toha, Soreang, Rabu 18 November 2020. 

Baca Juga: Tito Karnavian Segera Terbitkan Instruksi, Anies Baswedan Bisa Dicopot sebagai Gubernur DKI Jakarta

Dadang mengungkapkan bahwa kluster Covid-19 itu muncul karena adanya tamu yang datang dari luar Kabupaten Bandung. Misalnya, orangtua santri yang menjenguk anaknya, namun dipersilakan masuk ke dalam pesantren. Seharusnya, orangtua dan santri dipertemukan di tempat tertentu.

"Informasi awal yang saya pelajari dengan tim, kluster ini terjadi karena ada yang hadir dari luar. Misalnya tempo hari juga tamu dari Bogor ke Ciparay, ada akikahan, kejadian. Oleh karenanya, ini rapat koordinasi, saya segera ambil langkah untuk mengantisipasi, hati-hati dengan tamu yang datang dari luar," ungkap Dadang.

Dengan penetapan status zona merah ini, bukan berarti seluruh wilayah Kabupaten Bandung menjadi zona merah. Tapi hanya di lokasi yang menjadi tempat kejadian. Misalnya di Kecamatan Pacet, bukan berarti seluruh kecamatan tersebut berstatus zona merah, tapi hanya di satu desa saja atau RT saja.

Baca Juga: Satgas Citarum Harum Sosialisasikan Rencana Pembangunan IPAL Terpadu di Majalaya 

"Kami antisipasi segera, pesantren yang bersangkutan diberi bantuan, untuk medisnya kita bantu, untuk hal-hal lainnya juga kita evaluasi untuk dibantu," ucapnya. 

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x