Pangeran Arab Saudi Ingatkan Joe Biden: Jangan Ulangi Kesalahan Masa Lalu

- 19 November 2020, 17:52 WIB
Joe Biden
Joe Biden /Christopher Dilts/

GALAMEDIA - Mantan Duta Besar Saudi untuk Washington Pangeran Turki Bin Faisal Al Saud mendesak Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden untuk tidak mengulangi "kesalahan masa lalu" dengan Iran.

Berbicara di Dewan Nasional Hubungan AS-Arab pada hari Selasa 17 November 2020, Faisal mengatakan, "Sementara kita semua bercita-cita agar Iran kembali sebagai negara-bangsa damai yang normal dalam komunitas internasional, pengalaman 40 tahun terakhir dengan rezim Iran tidak menggembirakan."

Dikuti Galamedia dari Middle East Monitor Kamis 19 November 2020, Pangeran Arab Saudi tersebut membuat pernyataan sebagai tanggapan atas janji Biden untuk bergabung kembali dengan perjanjian nuklir 2015 yang ditandatangani antara kekuatan dunia dan Teheran dalam upaya untuk memastikan Iran tidak memperoleh kemampuan nuklir.

Baca Juga: Tito Karnavian Bisa Copot Anies Baswedan, DPR RI: Instruksi Kan Tak Bisa Berlaku Surut

Pada 2018, Presiden AS Donald Trump menarik negaranya dari perjanjian bersejarah dan menerapkan kembali sanksi terhadap Iran.

Pangeran Turki berkata, "Memasuki kembali kesepakatan nuklir Iran, tidak akan membantu stabilitas di kawasan kami."

"Bergabung kembali dan kemudian merundingkan masalah penting lainnya akan menjebak diplomasi dan menjadikannya sebagai pemerasan Iran."

Baca Juga: Pertemuan Terakhir Jadi Sorotan, Safari Dakwah Habib Rizieq Keliling Indonesia Berlanjut?

"Perjanjian non-komprehensif apa pun tidak akan mencapai perdamaian dan keamanan abadi di wilayah kami."

"Kesepakatan nuklir tidak merasionalisasi perilaku destruktif Iran di wilayah kami, termasuk Irak, Suriah, Yaman dan Lebanon, serta Arab Saudi yang mengalami serangan langsung dan tidak langsung. pada instalasi minyak," katanya, menambahkan bahwa perilaku destruktif Iran tidak kurang dari ancaman daripada aspirasi nuklirnya.***

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Middle East Monitor


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x