Cetak Anak Berkualitas, Jawa Barat Terapkan PAUD Holistik Integratif

- 19 November 2020, 18:01 WIB
Bunda PAUD Jawa Barat, Atalia Praratya Ridwan Kamil.
Bunda PAUD Jawa Barat, Atalia Praratya Ridwan Kamil. /Humas Jabar/Rizal

GALAMEDIA - Generasi muda yang tumbuh dengan baik diyakini menjadi investasi penting sehingga menjadi penentu masa depan negara. Oleh karena itu, pendidikan dan perawatan anak usia dini yang berkualitas merupakan hal penting.

Hal itu disampaikan istri Gubernur Jawa Barat, Atalia Praratya Ridwan Kamil dalam sambutannya pada Rakorprov Pokja Bunda PAUD Jawa Barat, Kamis 19 November 2020. Atalia dalam kesempatan itu dinobatkan sebagai Bunda PAUD (pendidikan anak usia dini) Jawa Barat.

Pada acara yang digelar secara dalam jaringan (daring), Atalia menyebut pendidikan anak usia dini merupakan faktor penting bagi sebuah negara agar dapat bersaing di era globalisasi.

Baca Juga: Kurs Rupiah Ditutup Melemah 85 Poin Seiring Turunya Suku Bungan Acuan Bank Indonesia

Menurut dia, pandangan tersebut bersifat global sehingga negara lain pun sangat menyadari pentingnya pendidikan sejak dini. Di Indonesia, hal itu tercermin melalui Perpres 60/2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif.

Ia pun berharap seluruh pelayanan pengembangan anak usia dini dapat dilaksanakan secara holistik dan terintegrasi. Penerapan model pendidikan seperti dinilai perlu demi terwujudnya anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria, dan berahlak mulia.

Atalia pun akan membawa model itu ke Jawa Barat dan merealisasikannya melalui kebijakan PAUD Holistik Integratif Khas Jawa Barat. "Tentu kolaborasi menjadi kata kunci untuk mewujudkan fungsi dan tujuan PAUD HI tersebut," lanjutnya.

Ia menjelaskan, kolaborasi yang akan ditempuh yaitu dengan melibatkan berbagai pihak seperti akademisi, komunitas, kalangan usaha, dan media. "Pentahelix ABCGM ini menjadi kunci penting," katanya.

Baca Juga: Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19 Hari Ini Bertambah 4.798 Kasus, yang Sembuh 4.265 Orang

Lewat pelibatan seperti itu, tambah Atalia, pemerintah jadi tidak hanya bertumpu pada sebagian tingkatan. Namun lebih dari itu, perlu komprehensif mulai dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, hingga desa.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x