Pastikan Sektor Wisata Aman dari Covid-19, Pelaku Wisata Kota Cimahi Diswab Test

- 20 November 2020, 15:44 WIB
Para pelaku usaha di sektor pariwisata yang ada Kota Cimahi menjalani swab test di GOR Sangkuriang Jln. Sangkuriang, Jumat 20 November 2020 /Laksmi Sri Sundari/Galamedia

GALAMEDIA - Para pelaku usaha di sektor pariwisata yang ada Kota Cimahi menjalani swab test di GOR Sangkuriang Jln. Sangkuriang, Jumat 20 November 2020. Hal itu dilakukan untuk memastikan sektor pariwisata di Kota Cimahi aman dari paparan Corona Virus Disease (Covid-19)

Sasaran swab test ini adalah karyawan hotel, restoran, karyawan tour dan travel, supir travel, dan juga karyawan usaha hiburan. Pelaksanaan swab test dimulai pukul 08.00-11.00 WIB dan pukul 13.00-16.00 WIB yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi. Mereka sebelumnya diharuskan mendaftar mandiri secara online. Sebanyak 500 orang ditargetkan bisa terjaring tes usap tersebut.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi, Budi Raharja mengatakan, kegiatan ini merupakan program dari Dinas Pariwisata dan Budaya Jawa Barat, sebagai antisipasi libur panjang beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Sebut Terseret Politik, Fadli Zon: Apa Urusannya Pangdam Jaya Memerintahkan Mencopot Baliho?

"Sasarannya pelaku usaha pariwisata di Jawa Barat. Termasuk di Cimahi, kita dapat kuota 500 orang," ungkap Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi, Budi Raharja saat ditemui disela-sela pelaksanaan swab test.

Budi menjelaskan, swab test terhadap pelaku pariwisata ini untuk memastikan apakah mereka terpapar Covid-19 atau tidak usai libur panjang beberapa waktu lalu. Dimana pariwisata menjadi salah satu sektor yang berinteraksi dengan orang banyak, khususnya pengunjung.

"Karena libur panjang kemarin banyak masyarakat yang melakukan kunjungan wisata, maka dilaksanakan swab supaya bisa diktehaui apakah dari libur panjang ada Covid-19 atau tidak," jelas Budi.

Baca Juga: Tragis, Ditemukan Pemancing, Jenazah Komar Dikerubuti Biawak Di Pinggir Sungai Citanduy

Dikatakannya, perencanaan swab test hanya dua hari. Setelah menerima informasi dari Pemprov Jabar, pihaknya langsung melayangkan surat kepada seluruh pelaku pariwisata di Kota Cimahi, agar mengintruksikan karyawannya mengikuti swab test.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X