Kawasan Hutan Lindung Kamojang Kembali Dihijaukan pada Hari Pohon Sedunia

- 21 November 2020, 17:49 WIB
Ketua Paguyuban Saampar Jagat Sauyunan Cepi Iswandi bersana komunitas lainnya melakukan kegiatan penanaman pohon di hutan lindung Kamojang untuk menghijaukan kembali kawasan hutan tersebut /Engkos Kosasih

GALAMEDIA - Sejumlah komunitas seni melakukan penghijauan di kawasan hutan lindung Kamojang Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung, Sabtu 21 November 2020.

Kegiatan penghijauan secara spontanitas itu dalam rangka "Hari Pohon Dunia" untuk mewujudkan, "Leuweung hejo, rahayat ngejo". 

Mereka berharap lahan hutan yang minim pohon tegakan itu bisa kembali hijau untuk mengurangi erosi tanah, dan luncuran air disaat memasuki musim hujan. Harapan lainnya dapat mengurangi risiko ancaman banjir dari luapan Sungai Citarum dan anak-anak sungai. Mengingat kawasan hutan Kamojang itu bagian dari hulu Sungai Citarum. 

Baca Juga: Polda Jabar Tak Izinkan Kagiatan yang Sebabkan Kerumunan Massa

Ketua Paguyuban Saampar Jagat Sauyunan Cepi Iswandi mengatakan, mengatakan kegiatan penanaman pohon di hutan lindung Kamojang untuk menghijaukan kembali kawasan hutan tersebut.

"Untuk pelaksanaan penanaman pohon itu, Paguyuban Saampar Jagat Sauyunan bersinergi dengan Yayasan Dawuh Pasundan, Perhutani, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Kami juga mendapat dukungan dan motivasi dari Kanit Binmas Polsek Ibun Aiptu Nunuh Sutisna, yang dijuluki manusia pohon karena kebiasaannya menanam pohon. Bahkan, beliau sebagai tutor penanaman," tutur Cepi kepada Galamedia di Ibun.

Baca Juga: Forkopimcam Kompak, Stafsus Presiden Sambangi Kiaracondong

Cepi mengatakan, penanaman pohon ini bertujuan  untuk memperbaiki ekosistem alam bagi kelangsungan hidup manusia.

"Adapun jenis pohon yang ditanam di antaranya pohon salam, kibeureum, hurumentek dan kicangkudu. Berbagai jenis pohon itu disebar di sekitar hutan lindung Kamojang," katanya.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X