Musim Penghujan, Masyarakat Dihimbau untuk Mewaspadai Kedatangan Ular

- 22 November 2020, 19:03 WIB
ILUSTRASI ular.*
ILUSTRASI ular.* //pexels/Diego Madrigal



GALAMEDIA - Memasuki musim penghujan, petugas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar)  Kota Cimahi mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap kemunculan ular di lingkungan tempat tinggal mereka.

Biasanya saat banjir datang di musim hujan, ular bisa naik dan masuk ke rumah warga.

Kepala Seksi (Kasi) Penanggulangan dan Penyelamatan pada Satpol PP dan Damkar Kota Cimahi, Muhammad Nur Effendi  mengatakan, selain melakukan pemadaman kebakaran, personelnya kerap menangani hewan yang masuk ke rumah atau berkeliaran di pemukiman warga.

Baca Juga: Sebentar Lagi Mulai, Link live streaming MotoGP Portugal

Sejak Januari hingga pertengahan November 2020, Effendi menyebut ada puluhan kejadian ular masuk ke rumah dan pemukiman warga.

Terakhir laporan yang diterima selama dua hari berturut turut Sabtu 21 November 2020 dan Minggu 22 November 2020.

Di hari sabtu ditemukan ular kadut dengan diameter 7 sentimeter, dan panjang 1,2 meter di rumah warga Jalan Baros Komplek PTM RT 05/RW 03 Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan.

Baca Juga: Link Live Streaming MotoGP Portugal: Laga Perpisahan Valentino Rossi

Sehari setelahnya atau Minggu, petugas animal rescue juga menerima laporan ular masuk ke rumah warga di Jalan Kamarung Komplek Parama Regency  RT 4/RW 15 Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Ular yang masuk tersebut jenis ular babi (elaphe flavolineata) yang memiliki diameter  2 sentimeter dan panjang  50 sentimer.

Effendi mengungkapkan, ular yang kerap muncul dan masuk ke rumah warga ini karena perubahan cuaca. Sebab, ular yang tadinya di pegunungan terbawa aliran air dan masuk ke sungai, lalu ke area tempat tinggal warga.

"Fenomena ular ini terjadi karena perubahan cuaca, biasanya seringnya itu musim penghujan di mana air naik dan terbawa dari pegunungann terus ke sungai dan masuk ke pemukiman warga," terangnya.

Baca Juga: Musuh Seolah Dimasak Hidup-hidup, Terungkap China Halau Tentara India dengan Gelombang Microwave

Bagi warga  yang membutuhkan penanganan animal rescue, kata effendi, bisa menghubungi Mako Damkar Kota Cimahi  di nomor telepon 022-6658113. Menurut Effendi, biasanya ular masuk melalui celah pintu atau akses lainnya yang tidak ditutup oleh pemilik rumah. Selain itu menyelinap melalui lubang air kotor atau toilet.

"Jenis ularnya macam-macam, pyton, sanca, koros, welang dan masih banyak lagi. Semua ular ini membahayakan, ini harus diantisipasi," ucapnya.***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x