Ungkap 50 Positif di Tebet dan 30 di Petamburan, Kemenkes Minta Jemaah Habib Rizieq Tes Covid-19

- 22 November 2020, 19:57 WIB
Massa menunggu kedatangan Habib Rizieq Shihab di Markas Besar FPI, Petamburan, Jakarta, Selasa (10/11/2020). /ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha


GALAMEDIA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta masyarakat yang mengikuti sejumlah rangkaian kegiatan keagamaan bersama Habib Rizieq Shihab (HRS) di wilayah Tebet dan Petamburan, Jakarta serta di Megamendung, Jawa Barat melakukan tes virus corona (Covid-19).

Mereka pun diimbau untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

Tiga wilayah tersebut diketahui sempat menyedot kerumunan massa dengan kehadiran pentolan FPI Rizieq Shihab.

Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Muhammad Budi Hidayat, mengatakan langkah ini perlu dilakukan karena hasil pelacakan lewat serangkaian tes usap atau PCR kepada para peserta kegiatan keagamaan di tiga wilayah itu per Kamis 19 November menemukan sejumlah kasus positif Covid-19.

Baca Juga: Pemain Persib Minta Warga Cimahi Tak Anggap Remeh Covid-19

"Kemenkes mengimbau semua orang yang mengikuti acara tersebut dan siapapun yang merasa telah kontak erat dengan orang yang hadir agar melakukan isolasi mandiri selama 14 hari," ujar Budi dalam keterangan persnya, Minggu 22 November 2020.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, ia menyatakan, diperoleh 50 kasus positif Covid-19 dari kegiatan di Tebet dan 30 kasus dari kegiatan keagamaan di Petamburan.

Sementara itu, lanjutnya, 15 orang dari kegiatan keagamaan di Megamendung masih menunggu hasil pemeriksaan uji sampel hingga saat ini.

Budi menganjurkan semua masyarakat yang merasa memilki gejala penyakit seperti batuk, pilek, sesak nafas, sakit tenggorokan serta kehilangan indera perasa agar segera menghubungi pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) terdekat.

Sehubungan hal itu, disebutkan, pemerintah telah menyiapkan pusat karantina khusus bagi pasien Covid-19 di Rumah Sakit Darurat di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X