MotoGP 2020 Pamungkas Dikuasai Pembalap Tuan Rumah Miguel Oliveira

- 22 November 2020, 22:43 WIB
Miguel Oliveira juara MotoGP Portugal 2020
Miguel Oliveira juara MotoGP Portugal 2020 /MotoGP.com



GALAMEDIA - Pebalap tuan rumah Miguel Oliveira akhirnya memenangkan Grand Prix Portugal yang juga menjadi seri pemungkas musim 2020, Minggu, 22 November 2020. Kemenangan ini menjadi yang kedua di MotoGp.

Pebalap tim KTM Tech3 itu membalap dengan nyaris sempurna dan finis 3,193 detik di depan Jack Miller dari tim Pramac Racing.

Franco Morbidelli dari tim Petronas Yamaha harus puas finis peringkat tiga setelah disalip oleh pebalap Australia itu di lap terakhir.

Baca Juga: Saat Akan Shalat Subuh, Guru Ngaji Ini Dibegal Kawanan Bersenjata Tajam

Start dari pole position, Oliveira tampil dominan di Sirkuit Algarve yang menjalani debut di MotoGP dan jadi balapan pertama yang digelar di Portugal sejak 2012 silam.

Sementara itu, seperti dilansirkan Antara, Morbidelli dan Miller memiliki pertarungannya sendiri dan kembali terlibat duel lap terakhir seperti di Grand Prix Valencia. Namun kali ini sang pebalap Italia gagal mempertahankan posisinya.

Namun Morbidelli berhak menyandang runner-up kejuaraan setelah mempertahankan posisinya di peringkat dua klasemen dengan keunggulan 19 poin dari Alex Rins di peringkat tiga, sedangkan Miller memastikan titel konstruktor jatuh ke tangan Ducati sebelum hijrah ke tim pabrikan tahun depan.

Baca Juga: Hasil test PCR, 80 Warga yang Ikut Kerumunan di Tebet dan Petamburan Terkonfirmasi Positif Covid-19

Suzuki dan Ducati tiba di Portimao dengan raihan poin yang sama di klasemen. Namun capaian Miller menyumbang 20 poin untuk pabrikan asal Bologna itu di saat Rins hanya mampu menambah satu poin setelah finis P15 sehingga Ducati merebut titel konstruktor untuk kedua kalinya sejak terakhir kali berjaya pada 2007.

Dengan hasil itu Suzuki, yang telah merebut gelar juara dunia pebalap lewat penampilan konsisten Joan Mir dan juga gelar tim terbaik pekan lalu, gagal mewujudkan ambisinya menyapu bersih titel tahun ini. dan bahkan mereka disalip oleh Yamaha yang keluar sebagai runner-up konstruktor berkat tambahan 16 poin dari Morbidelli.

Tak ada selebrasi juga untuk Mir yang sempat terlibat senggolan dengan Francesco Bagnaia dan Johann Zarco sebelum pada akhirnya ia mengalami masalah teknis di motornya dan kembali ke garasi ketika balapan menyisakan sepuluh putaran.

Baca Juga: Pemain Persib Minta Warga Cimahi Tak Anggap Remeh Covid-19

Di garasi tim Monster Energy Yamaha, juara dunia sembilan kali Valentino Rossi mengakhiri 15 tahun kemitraannya dengan tim pabrikan Yamaha tersebut dengan hasil finis P12 di balapan terakhir.***

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x