Tanggapan Warganet Usai Teknologi VAR Debut di Liga 1, Mulai dari Apresiasi Hingga Kritik Wasit

- 15 Mei 2024, 09:05 WIB
Situasi pengambilan keputusan oleh wasit melalui pengecekan teknologi VAR/Tangkapan layar/youtube.com/PERSIB
Situasi pengambilan keputusan oleh wasit melalui pengecekan teknologi VAR/Tangkapan layar/youtube.com/PERSIB /

GALAMEDIANEWS - Pertandingan BRI Liga 1 Championship Series leg pertama antara Bali United melawan Persib Bandung diwarnai dengan debut teknologi Video Assistant Referee (VAR) di kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia, pada Selasa, 14 Mei 2024.

Pertemuan kedua tim berlangsung di lapangan Bali United Training Center, Bali. Laga berakhir dengan skor imbang 1-1. Tim tuan rumah lebih dahulu unggul berkat gol yang dicetak Jefferson pada menit ke-83.

Sempat berupaya mengulur-ulur waktu, jala gawang yang dijaga Adilson Maringa akhirnya bergetar juga di menit ke-90+9 melalui sundulan David da Silva.

Selain jalannya laga yang berlangsung sengit, teknologi VAR pun untuk pertama kalinya debut dan digunakan sebagai sistem yang membantu wasit menentukan keputusan di atas lapangan.

Baca Juga: Var Tambah Nilai Sepak Bola Indonesia Seperti Eropa

Setidaknya terdapat dua momen wasit tengah pertandingan Heru Cahyono memeriksa langsung VAR untuk membantunya menentukan suatu keputusan. Pertama pada menit ke-54, ketika ia memberikan penalti untuk Persib, namun David Silva yang maju sebagai penendang gagal menuntaskan tugasnya.

Lalu pada menit-menit akhir pertandingan, saat wasit memberikan kartu kuning keda dan kartu merah untuk pelanggaran keras yang dilakukan Jajang Mulyana.

Komentar Warganet Terkait VAR

Usai debut VAR di BRI Liga 1 Championship Series tersebut, beragam komentar warganet pun muncul di kolom komentar postingan Instagram @liga1match. Postingan berupa foto saat wasit Heru Cahyono memeriksa VAR mendapatkan beberapa komentar yang memberikan apresiasi hingga mempertanyakan kualitas wasit yang memimpin laga.

Baca Juga: Penggunaan VAR Disosialisasikan ke Pelatih, Pemain, dan Ofisial PERSIB

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: Instagram @liga1match


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah