Olahraga Malam Hari, Kegiatan Yang Tidak Disarankan Untuk Penderita Jantung

- 15 Mei 2024, 20:00 WIB
Warga berlatih kebugaran di Health & Strength League Fitness (HS ) Fitness, Bandung, Jawa Barat
Warga berlatih kebugaran di Health & Strength League Fitness (HS ) Fitness, Bandung, Jawa Barat /ANTARA FOTO/Novrian Arbi/

 

GALAMEDIANEWS – Olahraga memang menyehatkan, tapi bagi penderita jantung ada beberapa pantangan dan harus diingat mengenai olahraga.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dr. Teuku Istia Muda Perdan Sp.JP., FIHA., mengatakan jika penderita penyakit jantung tidak disarankan berolahraga pada malam hari.

"Kalau malam secara hormonal siklus tubuh memang waktunya istirahat. Kalau penderita jantung tidak direkomendasikan olahraga di malam hari, karena kerja jantung jadi lebih berat," ungkap Teuku.

Dirinya menjelaskan, pada orang yang sehat berolahraga pada pagi atau malam hari umumnya tidak menimbulkan perbedaan dampak yang signifikan terhadap risiko serangan jantung.

Baca Juga: Kesehatan Usus dapat Ditingkatkan dengan Minum Air Hangat Infused Water

Teuku lebih lanjut mengatakan bahwa berolahraga pada siang hari juga berisiko, apalagi pada saat cuaca sedang panas.

"Saat cuaca panas penguapan kita lebih banyak dibanding saat sejuk dan kadang lupa mengisi cairan ke tubuh sehingga terjadi dehidrasi berat," ujar Teuku lebih lanjut.

"Heat stroke melibatkan beberapa organ tubuh, tapi penyebab utamanya karena kehilangan cairan dalam jumlah banyak dan singkat," dirinya menambahkan.

Teuku memberi anjuran, guna menghindari dehidrasi berat saat berolahraga di luar ruangan pada siang hari.

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno

Sumber: antaranews.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah