Sering Mabuk Perjalanan, Bisa Jadi Penyebabnya Ini dan Berikut Agar Tidak Mengalaminya

- 8 Juni 2021, 15:26 WIB
Ilustrasi mual
Ilustrasi mual /RAC/.*/RAC

GALAMEDIA - Mungkin sebagian dari kita sering mengalami mabuk saat melakukan perjalanan dengan kendaraan. Jika mengalami hal ini tentunya perjalanan yang ditempuhpun akan terasa tidak nyaman.

Mabuk perjalanan, memang tidak berbahaya. Namun jika mengalami hal ini bisa mengganggu kondisi fisik orang yang mengalaminya. Sebab ia akan cepat lelah karena mengalami pusing, keringat dingin, bahkan muntah.

Dilansirkan Antara dari siaran pers Auto2000, Selasa 8 Juni 2021, mabuk perjalanan terjadi akibat otak tidak mampu menerima dengan baik campuran sinyal dari beberapa anggota tubuh dalam perjalanan.

Baca Juga: Ridwan Kamil Minta Kiayi Ma’ruf Doakan Pak Uu Sembuh Covid-19

Tidak itu saja, telinga bagian dalam yang berisi cairan untuk mengatur keseimbangan tubuh merasakan guncangan ketika kendaraan melaju.

Bahkan dalam kondisi tertentu, otak tidak mampu memproses dengan baik sinyal-sinyal yang berbeda dan membuat kerja otak menjadi kacau sehingga timbul keluhan mabuk perjalanan.

Banyak faktor pemicu mabuk perjalanan. Beberapa diantaranya, kurang istirahat, perubahan hormonal karena kondisi-kondisi tertentu seperti sedang menstruasi, hamil, atau menggunakan pil KB.

Baca Juga: Kaum Rebahan Berkumpul! Begini Doa Mengusir Rasa Mager

Mabuk perjalanan juga bisa disebabkan bermain gawai atau membaca buku di dalam kendaraan, menderita gangguan keseimbangan tubuh seperti migrain, dan memiliki riwayat mabuk perjalanan.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X